KEEFEKTIFAN STRATEGI QUESTIONS INTO PARAGRAPHS (QUIP) BERBANTUAN MEDIA KOMIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN KELAS X SMA NEGERI 1 SEWON BANTUL

Hanifah Nurunnikmah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis apakah: (1) perbedaan
keterampilan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan strategi Questions Into Paragraphs (QUIP) berbantuan media komik dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunaan strategi  Questions Into Paragraphs (QUIP)  berbantuan media komik, dan (2) keefektifan penggunaan strategi  Questions Into Paragraphs (QUIP) berbantuan media komik dalam pembelajaran menulis cerpen.pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon, Bantul.
  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eskperimen. Variabel bebas dalam penelitian ini berupa strategi  Questions Into Paragraphs (QUIP) berbantuan media komik, sedangkan variabel terikat berupa keterampilan menulis cerpen. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan  expert
judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, yaitu tes menulis cerpen. Analisis data menggunakan uji-t dan gain score.  
  Hasil penghitungan uji-t skor posttest menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam  menulis cerpen (𝑝 =  0,252).  Hasil penghitungan  gain score memperlihatkan  nilai normalized gain score kelompok eksperimen (0,24) lebih tinggi dibandingkan kelompok kontrol (0,16). Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi  Questions Into Paragraphs (QUIP)  berbantuan media komik efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sewon Bantul.
 
Kata kunci: Keefektifan, strategi  Questions Into Paragraphs (QUIP), komik,
menulis cerpen

Full Text:

PDF

References


Andini, Novara Lusy. 2013.

Keefektifan Strategi

Image Streaming dalam

Pembelajaran Menulis

Cerpen Pada Siswa Kelas

X SMA 10 Yogyakarta

Skripsi S1. Yogyakarta.

Program Pendidikan

Bahasa dan Sastra

Indonesia, FBS UNY.

Apriyani, Lina. 2013. Keefektifan

Strategi Questions Into

Paragraphs (QUIP)

dalam Pembelajaran

Menulis Karangan

Deskripsi pada Siswa

Kelas XI SMK YPE

Sawunggalih Kutoarjo.

Skripsi S1. Yogyakarta.

Program Pendidikan

Bahasa dan Sastra

Indonesia, FBS UNY.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur

Penelitian Suatu

Pendekatan

Praktik.Jakarta: Rineka

Cipta.

Cresswell, J. W. 2012. Educational

Research: Planning,

Conducting, and

Evaluating Quantitative

and Qualitative

Research. Boston:

Pearson.

Hake, Richard. (1998). Interactive-

engagement versus

traditional methods: A

six-thousand-student

survey of mechanics test

data for introductory

physics courses.

American Journal of

Physics, 66(1), 64-74.

doi: 10.1119/1.18809

Handayani NN. 2005. Efektivitas

Media Komik Pada

Pembelajaran Kimia

Interaktif terhadap hasil

belajar siswa kelas II

materi pokok

Termokimia di SMU N 3

Pekalongan Tahun

Ajaran 2004/2005.

Semarang. Skripsi S1.

Semarang: FMIPA

UNNES.

Kurniawan, Heru dan Sutardi. 2012.

Penulisan Sastra Kreatif.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Kusmana, Suherli. 2014. Kreativitas

Menulis. Yogyakarta:

Ombak.

McCloud, S. Terjemahan Kinanti.

Understanding

Comics (Memahami

Komik). Jakarta:

Kepustakaan Populer

Gramedia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra

Anak: Yogyakarta:

Gadjah Mada University

Press.

__________________. 2015.

Statistik Terapan untuk

Penelitian Ilmu-ilmu

Sosial. Yogyakarta:

Gadjah Mada University

Press.

.________________.2010a.

Penilaian Pembelajaran

Bahasa. Yogyakarta:

BPFE.

___________________. 2010b.

Teori Pengkajian Fiksi.

Yogykarta: Gadjah Mada

University Press.

_________________.2014 Penilaian

Pembelajaran Bahasa

Berbasis Kompetensi.

Yogyakarta: BPFE.

Nurhayati. 2008. “Berbagai Strategi

Pembelajaran Bahasa

dapat Meningkatkan

Kemampuan Berbahasa

Siswa”. Jurnal Lingua

Bahasa dan Sastra Vol. 9,

No. 2.

Rohani A. 2014. Media Instruksional

Edukatif. Jakarta: Rineka

Cipta.

Santosa, Wijaya Hetu dan

Wahyuningtyas, Sri.

Pengantar

Apresiasi Prosa.

Surakarta: Yuma

Pustaka.

Sayuti, Suminto. 2000. Berkenalan

dengan Prosa Fiksi.

Jakarta: Gama Media.

___________________dkk. 2009.

Modul Menulis Fiksi.

Yogyakarta: Pendidikan

Bahasa dan Sastra

Indonesia, Fakultas

Bahasa dan Seni,

Universitas Negeri

Yogyakarta.

Soemardjo, Jacob. 2007. Menulis

Cerpen. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Sudjana N & A Rivai. 2010. Media

Pengajaran. Bandung:

Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian

Pendidikan: Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung:

Alfabeta.

Tethy, Ezokanzo & Dian K. 2014.

Komik Cerita Rakyat

Indonesia 1 (Sumatra,

Bali, Nusa Tenggara).

Jakarta: PT Bhuana Ilmu

Populer.

___________________. 2014.

Komik Cerita Rakyat

Indonesia 2 (Jawa,

Maluku, Papua). Jakarta:

PT Bhuana Ilmu Populer.

Wiesendanger, Katherine D. 2001.

Strategies for Literacy

Education. Ohio: Merrill

Prentice Hall.

Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian

Sastra. Yogyakarta:

Pustaka Book Publisher.

Yunus,Syarifudin. 2015. Kompetensi

Menulis Kreatif. Jakarta:

Ghalia Indonesia.

Zainurrahman. 2011. Menulis Dari

Teori Hingga Praktik.

Bandung: Alfabet


Refbacks

  • There are currently no refbacks.