PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN STRATEGI WRITING IN THE HERE AND RIGHT NOW PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah strategi writing in the here and right now dapat meningkatkan proses pembelajaran menulis surat pribadi pada siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Yogyakarta. (2) meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi dengan strategi writing in the here and right now pada siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Yogyakarta.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi di tempat penelitian terbagi dalam dua siklus. Pada siklus I dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan demikian pula dengan siklus II.
Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan di lokasi penelitian. Fokus penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis surat pribadi dengan strategi writing in the here and right now. Data diperoleh dengan instrumen yang berupa: lembar observasi proses pembelajaran, lembar observasi siswa, catatan lapangan, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara deskripsi
kualitatif. Analisis presentase dengan deskripsi kualitatif dalam bentuk presentase data kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi writing in the here and right now dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan menulis surat pribadi siswa di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Pertama, peningkatan dalam proses pembelajaran terlihat dari lembar observasi pembelajaran dan lembar observasi siswa yang terus mengalami perubahan yang baik disetiap pertemuan. Keberhasilan proses pembelajaran mengalami peningkatan dari kategori cukup (C) ke kategori sangat baik (A), sedangkan keaktifan siswa mengalami peningkatan dari kategori kurang (D) ke kategori sangat baik (A).
Kedua, startegi writing in the here and right now dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa. Skor rata-rata menulis surat pribdai sebelum diberi tindakan yaitu 55,53. Kemudian pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 81,08 dan pada di siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 89,51. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan strategi writing in the here and
right now dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Yogyakarta.
Kata Kunci : kemampuan menulis, strategi, surat pribadi, writing in the here and right now
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan implementasi di tempat penelitian terbagi dalam dua siklus. Pada siklus I dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan dan demikian pula dengan siklus II.
Penelitian ini berangkat dari permasalahan yang ditemukan di lokasi penelitian. Fokus penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis surat pribadi dengan strategi writing in the here and right now. Data diperoleh dengan instrumen yang berupa: lembar observasi proses pembelajaran, lembar observasi siswa, catatan lapangan, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara deskripsi
kualitatif. Analisis presentase dengan deskripsi kualitatif dalam bentuk presentase data kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi writing in the here and right now dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan menulis surat pribadi siswa di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Pertama, peningkatan dalam proses pembelajaran terlihat dari lembar observasi pembelajaran dan lembar observasi siswa yang terus mengalami perubahan yang baik disetiap pertemuan. Keberhasilan proses pembelajaran mengalami peningkatan dari kategori cukup (C) ke kategori sangat baik (A), sedangkan keaktifan siswa mengalami peningkatan dari kategori kurang (D) ke kategori sangat baik (A).
Kedua, startegi writing in the here and right now dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi siswa. Skor rata-rata menulis surat pribdai sebelum diberi tindakan yaitu 55,53. Kemudian pada siklus I diperoleh skor rata-rata sebesar 81,08 dan pada di siklus II diperoleh skor rata-rata sebesar 89,51. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa dengan strategi writing in the here and
right now dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Yogyakarta.
Kata Kunci : kemampuan menulis, strategi, surat pribadi, writing in the here and right now
Full Text:
PDFReferences
Baycich, Dianna. 2008. “The
Strategies and Supports
Teachers of Successful Adult
Basic Writers Use to
TeachWriting”.
http://www.Proquest.umi.com.
Diunduh pada tanggal 9
Februari 2017.
Kellogg, R. T. 2008. “Training
Writing Skills: A Cognitive
Developmental Perspective”.
Jurnal, 1, I, hlm. 1-26.
Musfiroh, Tadkiroatun, 2016.
Psikolinguistik Edukasional.
Yogyakarta: Tiara Wacana.
Silberman, Melvin L. 2013. Active
Learning (101 Cara Belajar
Siswa Aktif). Bandung: Nuansa
Cendekia.
Suharsoputra, Uhur. 2014. Metode
Penelitian (Kualitatif,
Kuantitatif, dan Tindakan).
Bandung: PT Rafika Aditama
World’s Most Literate Nations
Rank Breakdown. Diakses dari
www.ccsu.edu. Pada Tanggal 3
Februari 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.