KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNALS (DEJ) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SENTOLO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan
menulis teks berita yang signifikan antara siswa kelas VIII SMPN 2 Sentolo yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan strategi Double Entry Journals (DEJ) dan siswa kelas VIII SMPN 2 Sentolo yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita tanpa strategi Double Entry Journals (DEJ), (2)menguji keefektifan strategi Double Entry Journals (DEJ) dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sentolo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang
digunakan adalah prates pascates control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sentolo. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling diperoleh kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan VIII C sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks berita. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varians data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji-t skor pascates kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol menghasilkan thitung 4,039 dengan db 61 diperoleh nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari 5%. Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan strategi Double Entry Journals (DEJ) dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis teks berita tanpa menggunakan strategi Double Entry Journals (DEJ). Hasil
perhitungan uji-t skor prates dan pascates kelompok eksperimen menghasilkan thitung 14,160 dengan db 31 diperoleh nilai p 0,000. Prates dan pascates kelompok kontrol diperoleh thitung 8,171 dengan db 30 dan diperoleh p 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Double Entry Journals (DEJ) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo.
Kata kunci: keefektifan, strategi Double Entry Journals (DEJ), menulis teks berita
menulis teks berita yang signifikan antara siswa kelas VIII SMPN 2 Sentolo yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan strategi Double Entry Journals (DEJ) dan siswa kelas VIII SMPN 2 Sentolo yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita tanpa strategi Double Entry Journals (DEJ), (2)menguji keefektifan strategi Double Entry Journals (DEJ) dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sentolo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang
digunakan adalah prates pascates control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sentolo. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling diperoleh kelas VIII B sebagai kelompok eksperimen dan VIII C sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks berita. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varians data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji-t skor pascates kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol menghasilkan thitung 4,039 dengan db 61 diperoleh nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari 5%. Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan strategi Double Entry Journals (DEJ) dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis teks berita tanpa menggunakan strategi Double Entry Journals (DEJ). Hasil
perhitungan uji-t skor prates dan pascates kelompok eksperimen menghasilkan thitung 14,160 dengan db 31 diperoleh nilai p 0,000. Prates dan pascates kelompok kontrol diperoleh thitung 8,171 dengan db 30 dan diperoleh p 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa strategi Double Entry Journals (DEJ) efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo.
Kata kunci: keefektifan, strategi Double Entry Journals (DEJ), menulis teks berita
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Ruddel, Martha Rapp. 2005.
Teaching Content Reading
and Writing. America:
Wiley.
Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari
Teori Hingga Praktik.
Bandung: Penerbit Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.