KEEFEKTIFAN MEDIA TRAILER FILM INDONESIA BERTEMA BUDAYA LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 5 YOGYAKARTA

Dyah Retna Palupi,

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk: (1)  mengetahui  perbedaan  keterampilan
menulis  cerita  pendek antara peserta  didik  yang  menggunakan  media  trailer  film Indonesia  bertema  budaya  lokal  dan  peserta  didik  yang tidak  menggunakan  media trailer  film  Indonesia  bertema  budaya  lokal;  (2) membuktikan     keefektifan  trailer film Indonesia  bertema  budaya  lokal  dalam pembelajaran  menulis  cerita  pendek
peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Yogyakarta.
Penelitian ini  merupakan  penelitian  kuantitatif dengan  metode  penelitian eksperimen.  Desain  penelitian  menggunakan   control  group  pretest  and  posttest design.  Populasi  dalam  penelitian  ini  adalah  peserta  didik  kelas X  SMA Negeri  5 Yogyakarta. Teknik  pengambilan  sampel  dalam  penelitian  ini  adalah  purposive random sampling. Sampel dalam penelitian  ini adalah kelas X MIPA 8 sebagai kelas
eksperimen  dan  kelas X  IPS  sebagai  kelas  kontrol. Teknik  pengumpulan  data  yang digunakan  adalah metode  tes,  yaitu tes menulis  cerita  pendek. Analisis data  dengan menggunakan  teknik  statistik  uji-t  dengan  taraf signifinkasi  5%. Sebelum dilakukan
analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil  penelitian adalah: (1)  ada perbedaan yang  signifikan antara
keterampilan menulis  cerita pendek  peserta  didik  yang menggunakan media  trailer film Indonesia bertema budaya  lokal dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tanpa  menggunakan  media  trailer  film Indonesia  bertema  budaya  lokal.  Hasil perhitungan  uji–t  sampel  bebas  menunjukkan  bahwa  t  hitung  (th)  sebesar  2,042 dengan db 57 dan diperoleh nilai P sebesar 0,046 pada  taraf signifikansi 5%. Nilai P
lebih  kecil  dari  taraf signifikansi  0,05  (P=0,014<0,05).  (2)  Media  trailer  film Indonesia berbasis budaya  lebih efektif digunakan dalam  pembelajaran keterampilan menulis  cerita  pendek  kelas  eksperimen  dibandingkan  dengan  kelas  kontrol  yang tanpa  menggunakan  media  trailer  film Indonesia  bertema  budaya  lokal.  Hasil perhitungan uji–t sampel  berhubungan  diperoleh nilai  t  hitung  (th)  sebesar  -8,558
dengan db 29 diperoleh nilai P sebesar 0,000 pada taraf signifikansi 5%. Nilai P lebih kecil   dari   taraf   signifikansi   0,05   (P=0,000<0,05).  Hasil   pengujian   gain   score menunjukkan rata-rata (mean) sebesar 6.179.

Kata kunci: keefektifan, media trailer film, menulis cerita pendek.


Full Text:

PDF

References


Tarigan, Henry Guntur. 1985.

Pengajaran Gaya Bahasa.

Bandung: Angkasa.

Kemendikbud. 2014. 2016. Silabus

SMA Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia Kurikulum 2013

Revisi. Jakarta:Kementrian

Pendidikan dan Kebudayaan.

Arikunto, Suharsimi. 2010.

Prosedur Penelitian: Suatu

Pendekatan Praktik. Jakarta:

PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.