KEEFEKTIFAN METODE TARI BAMBU DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENCERITAKAN KEMBALI ISI FABEL PADA SISWA KELAS VII SMP

Tri Wahyuni,

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan yang signifikan keterampilan menceritakan kembali isi fabel  antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode  tari bambu dan menggunakan metode konvensional  pada siswa kelas VII SMP serta menguji keefektifan metode tari bambu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian menggunakan pretest-postest control group  design.  Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak. Teknik penentuan sampel menggunakan  simple  random
sampling. Uji validitas menggunakan pendapat ahli. Data diperoleh dari skor tes praktik pada masing-masing kelompok. Teknik analisis data menggunakan  uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan  terdapat perbedaan keterampilan menceritakan kembali isi fabel yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran keterampilan menceritakan kembali isi fabel menggunakan metode  tari bambu  dan  menggunakan metode konvensional.
Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan nilai   P sebesar 0,000 (P<5%). Selain itu, metode  tari bambu  juga  terbukti efektif dengan hasil uji-t tes awal dan tes akhir kelompok eksperimen diperoleh nilai P sebesar 0,000.  
Kata kunci: metode, tari bambu, menceritakan kembali, fabel

Full Text:

PDF

References


Lie, Anita. 2004. Cooperative

Learning Mempraktikkan

Cooperative Learning.

Jakarta: Grasindo.

Pujiastuti, Leni. 2013. “Penerapan

Model Pembelajaran

Kooperatif Teknik Tari

Bambu pada Pembelajaran

Berbicara Siswa Kelas VII

SMP Yas Bandung”.

Ejournal hlm 1-19.

http:///www.ejournal.upi.edu.

id/. Diunduh pada tanggal 25

Desember 2016.

Suprijono, Agus. 2016. Cooperative

Learning Teori dan Aplikasi

PAIKEM. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Tarigan, Henry Guntur. 2008.

Berbicara Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Widodo, Mochamad Hidayat. 2014.

“Implementasi Teknik

Pembelajaran Tari Bambu

untuk Meningkatkan Prestasi

Belajar Sejarah Siswa Kelas

XI IPS 1 SMA Negeri 1

Prambanan Klaten Tahun

Ajaran 2012/2013”. Eprints

hlm. 1-21.

http://www.eprints.uny.co.id/.

Diunduh pada tanggal 21

Desember 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.