KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNALS BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media film pendek dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi konvensional; (2) menguji
keefektifan strategi Double Entry Journals berbentuan media film pendek dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok.
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah Countrol Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 DepokTeknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportionate random sampling, berdasarkan pengundian ditetapkan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol dan X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen. Data yang dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest menulis cerpen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan gain score.
Analisis uji-t data posttest kelompok eksperimen dan posttest kelompok kontrol diperoleh nilai thitungyaitu 6,185 dengan df 62, dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapat pembelajaran
menulis cerpen dengan menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media film pendek dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi konvensional. Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok
eksperimen diperoleh thitungsebesar 10,409 dengan df 31 dan nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5 % (0,000 < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi Double Entry Journals berbantuan media film pendek efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok.
Kata Kunci: keefektifan, strategi Double Entry Journals, film pendek, menulis cerpen
Full Text:
PDFReferences
Latief danUtud. 2013. KamusPintar
Broadcasting. Bandung: Yrama
Widia.
Ruddell, Martha Rapp. 2005. Teaching
Content Reading and
Writing.Hoboken, NJ: John Wiley
& Sons. Inc.
Sayuti, Suminto A. 2000.
BerkenalandenganProsaFiksi.
Yogyakarta: Gama Media.
Refbacks
- There are currently no refbacks.