PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASIDENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI COLLABORATIVE WRITINGPADA SISWAKELAS VII SMP N 3 BANTUL YOGYAKARTA

Clemens Panji Nada Suryabinta,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi dengan menggunakan strategi collaborative writing pada siswa kelas VII di SMP Negeri 3 Bantul.Penelitian tindakan ini memiliki empat prosedur pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Bantul yang berjumlah 27 siswa. Data yang digunakan berupa hasil observasi, catatan lapangan, hasil wawancara, hasil tes keterampilan menulis teks eksplanasi siswa, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dibagi menjadi dua, yaitu keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Keberhasilan proses diukur berdasarkan peningkatan proses pembelajaran yang lebih baik. Keberhasilan produk diukur berdasarkan peningkatan skor menulis teks eksplanasi siswa.Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan strategi collaborative
writing dapat meningkatkan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VII F SMP Negeri 3 Bantul. Peningkatan tampak padaproses dan produk. Peningkatan proses terlihat dari kondisi siswa yang lebihperhatian, aktif, bersemangat, suasana yang kondusif dan terbangunnya kerjasama dalam pelaksanaan pembelajaran. Peningkatan produk terlihat dari nilairata-rata hasil tulisan siswa yang meningkat, yaitu pratindakan 65,93, siklus I76,52, dan Siklus II 79,70. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa strategi collaborative writing merupakan salah satu strategi yang mampu meningkatkanketerampilan menulis teks eksplanasi siswa.

Kata kunci: menulis, keterampilan menulis teks eksplanasi, dan collaborative writing


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan

Kelas. Jakarta :Bumi Aksara

Barkley, E. Elizabert dkk. 2012. Collaborative

Learning Techniques: Teknik-Teknik

PembelajaranKolaboratif (Penterjemah:

Narulita Yusron). Dalam Narulita Yusron

Bandung: Nusa Media.

Madya, Suwasih. 2006. Teori dan Praktik

Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian

Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE-

Yogyakarta

Prastowo, Andi. 2011. Memahami Metode-

metode Penelitian.Yogyakarta : Ar-

Ruzz Media.

Tarigan, H.G. 2008. Menulis sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa. Bandung:

Angkasa.

White, H. (2007). Problem-base


Refbacks

  • There are currently no refbacks.