PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DISMP NEGERI 2 MLATI
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia yang berjumlah tiga orang. Objek yang diteliti yaitu penggunaan media pembelajaran Bahasa Indonesia. Cara pengumpulan data digunakan yaitu lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data hasil observasi berisi tentang deskripsi hasil pengamatan penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia. Data tersebut berupa jenis media pembelajaran yang digunakan guru, alasan yang mendasari guru dalam pemilihan media pembelajaran, dan pemaparan penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia pada setiap pembelajaran. Wawancara yang dilakukan untuk menggali
informasi terkait jenis media pembelajaran bahasa Indonesia dan alasan guru menggunakan media pembelajaran. Dokumentasi berupa foto media pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mlati. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tiga alur yang bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia, guru telah menggunakan media
pembelajaran bahasa Indonesia, baik berupa media grafis, audio-visual, dan berbasis komputer.Namun demikian, guru juga menggunakan sumber belajar dalam pembelajaran.Hal tersebut ditunjukan melalui data kualitatif yang berupa fakta-fakta di lapangan. Guru memiliki alasan yang mendasar atas pemilihan jenis media pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mlati. Pemilihan media pembelajaran di SMP Negeri
2 Mlati sesuai dengan materi pembelajaran yang sedang diajaran. Namun demikian, masih terdapat media pembelajaran bahasa Indonesia yang kurang efektif penggunaannya dalam pembelajaran.
Kata kunci: media pembelajaran bahasa Indonesia, SMP Negeri 2 Mlati
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media
Pembelajaran. Jakarta: PT
RajaGrafindo Persada.
Aqib, Zainal. 2013. Model-model,
Media, dan, Strategi
Pembelajaran Kontekstual
(Inovatif). Bandung: Yrama
Widya.
Dinas Pendidikan, Pemuda, dan
Olahraga. 2011. “Diklat
Pembuatan Bahan Ajar
Berbasis WEB (Jogja
Learning Gateway” .Diunduh
melalui web
www.dikpora.jogjaprov.go.id
pada 29 November 2016.
Harjanto. 2011. Perencanaan
Pengajaran. Jakarta: Rineka
Cipta.
Hartono, dkk. 2010. “Pengembangan
Media Pembelajaran Bahasa
Indonesia Sebagai Upaya
Menggairahkan Pelajaran
Bahasa Indonesia di
Sekolah”. Artikel Jurnal
Ilmiah. Diunduh melalui web
eprints.uny.ac.id pada 16
November 2016.
Ire. 2010. “Ah, Pengajaran Guru
Masih
Membosankan!”.Kompas.co
m, 25 Mei 2010.
Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai
Benih Teknologi Pendidikan.
Jakarta: Prenada Media.
Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi
Penelitian Kualitatif.
Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Pringgawidagda. 2002. Strategi
Penguasaan Berbahasa.
Yogyakarta: Adicita Karya
Nusa.
Sabar. 2016. “IGI Bantul Tingkatkan
Kompetensi Guru dalam
Pemanfaatan Powerpoint”.
Abasrin.com, 3 September
Sadiman, dkk.. 2002. Media
Pendidikan
Pengertian,Pengembangan,
dan Pemanfaatannya.
Jakarta: PT RajaGrafindo
Persada.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian
Kombinasi. Bandung:
Alfabeta.
Sutjiono, Thomas W. A. 2005.
“Pendayagunaan Media
Pembelajaran”.Jurnal
Pendidikan Penabur. No. 04/
Th. IV/ Juli 2015.
Widia, Ida. 2009. “Media
Pembelajaran Bahasa
Indonesia Penutur Asing”.
Bahasa dan Sastra dalam
Perspektif Pendidikan.
Bandung: UPI.
Refbacks
- There are currently no refbacks.