PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DISMP NEGERI 2 MLATI

Finta Nuarita,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mlati. Pendeskripsian penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia berupa media yang digunakan guru dalam pembelajaran, permasalahan yang dialami guru dalam kaitannya dengan media pembelajaran serta upaya yang dalam mengatasi permasalahan yang dialami.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia yang berjumlah tiga orang. Objek yang diteliti yaitu penggunaan media pembelajaran Bahasa Indonesia. Cara pengumpulan data digunakan yaitu lembar observasi, wawancara, dan dokumentasi.Data hasil observasi berisi tentang deskripsi hasil pengamatan penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia. Data tersebut berupa jenis media pembelajaran yang digunakan guru, alasan yang mendasari guru dalam pemilihan media pembelajaran, dan pemaparan penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia pada setiap pembelajaran.  Wawancara yang dilakukan untuk menggali
informasi  terkait jenis media pembelajaran bahasa Indonesia dan alasan guru menggunakan media pembelajaran. Dokumentasi berupa foto media pembelajaran yang digunakan oleh guru bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mlati. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tiga alur yang bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber.
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia, guru telah menggunakan media
pembelajaran bahasa Indonesia, baik berupa media grafis, audio-visual, dan berbasis komputer.Namun demikian, guru juga menggunakan sumber belajar dalam pembelajaran.Hal tersebut ditunjukan melalui data kualitatif yang berupa fakta-fakta di lapangan. Guru memiliki alasan yang mendasar atas pemilihan jenis media pembelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Mlati. Pemilihan media pembelajaran di SMP Negeri
2 Mlati sesuai dengan materi pembelajaran yang sedang diajaran. Namun demikian, masih terdapat media pembelajaran bahasa Indonesia yang kurang efektif penggunaannya dalam pembelajaran.  
 
Kata kunci: media pembelajaran bahasa Indonesia, SMP Negeri 2 Mlati

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media

Pembelajaran. Jakarta: PT

RajaGrafindo Persada.

Aqib, Zainal. 2013. Model-model,

Media, dan, Strategi

Pembelajaran Kontekstual

(Inovatif). Bandung: Yrama

Widya.

Dinas Pendidikan, Pemuda, dan

Olahraga. 2011. “Diklat

Pembuatan Bahan Ajar

Berbasis WEB (Jogja

Learning Gateway” .Diunduh

melalui web

www.dikpora.jogjaprov.go.id

pada 29 November 2016.

Harjanto. 2011. Perencanaan

Pengajaran. Jakarta: Rineka

Cipta.

Hartono, dkk. 2010. “Pengembangan

Media Pembelajaran Bahasa

Indonesia Sebagai Upaya

Menggairahkan Pelajaran

Bahasa Indonesia di

Sekolah”. Artikel Jurnal

Ilmiah. Diunduh melalui web

eprints.uny.ac.id pada 16

November 2016.

Ire. 2010. “Ah, Pengajaran Guru

Masih

Membosankan!”.Kompas.co

m, 25 Mei 2010.

Miarso, Yusufhadi. 2004. Menyemai

Benih Teknologi Pendidikan.

Jakarta: Prenada Media.

Moleong, Lexy J. 2010. Metodologi

Penelitian Kualitatif.

Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Pringgawidagda. 2002. Strategi

Penguasaan Berbahasa.

Yogyakarta: Adicita Karya

Nusa.

Sabar. 2016. “IGI Bantul Tingkatkan

Kompetensi Guru dalam

Pemanfaatan Powerpoint”.

Abasrin.com, 3 September

Sadiman, dkk.. 2002. Media

Pendidikan

Pengertian,Pengembangan,

dan Pemanfaatannya.

Jakarta: PT RajaGrafindo

Persada.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian

Kombinasi. Bandung:

Alfabeta.

Sutjiono, Thomas W. A. 2005.

“Pendayagunaan Media

Pembelajaran”.Jurnal

Pendidikan Penabur. No. 04/

Th. IV/ Juli 2015.

Widia, Ida. 2009. “Media

Pembelajaran Bahasa

Indonesia Penutur Asing”.

Bahasa dan Sastra dalam

Perspektif Pendidikan.

Bandung: UPI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.