KORELASI ANTARA KEMAMPUAN METAKOGNISI DAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 IMOGIRI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya korelasi antara kemampuan metakognisi dan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri.
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat deskriptif
korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri yang berjumlah 219 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VIII A, VIII B, dan VIII D sebagai sampel penelitian. Uji validitas dilakukan oleh expert judgement dan guru mata pelajaran. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach pada program IBM SPSS 22.0, diperoleh nilai alpha sebesar 0,818 dan 0,613. Data dikumpulkan menggunakan angket berkaitan dengan kemampuan metakognisi dan tes terkait kemampuan membaca cepat. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa instrumen penelitian berdistribusi normal dan linear. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan metakognisi siswa
berkategori sedang, (2) kemampuan membaca cepat siswa berkategori sedang, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan dan searah antara kemampuan metakognisi dan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri. Hubungan tersebut ditunjukkan rhitung sebesar 0,640 lebih besar daripada rtabel dengan N = 93 sebesar 0,263 pada taraf signifikansi 1%.
Kata Kunci: Kemampuan metakognisi, membaca cepat
Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang bersifat deskriptif
korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri yang berjumlah 219 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VIII A, VIII B, dan VIII D sebagai sampel penelitian. Uji validitas dilakukan oleh expert judgement dan guru mata pelajaran. Pengujian reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach pada program IBM SPSS 22.0, diperoleh nilai alpha sebesar 0,818 dan 0,613. Data dikumpulkan menggunakan angket berkaitan dengan kemampuan metakognisi dan tes terkait kemampuan membaca cepat. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa instrumen penelitian berdistribusi normal dan linear. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah korelasi product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kemampuan metakognisi siswa
berkategori sedang, (2) kemampuan membaca cepat siswa berkategori sedang, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan dan searah antara kemampuan metakognisi dan membaca cepat siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Imogiri. Hubungan tersebut ditunjukkan rhitung sebesar 0,640 lebih besar daripada rtabel dengan N = 93 sebesar 0,263 pada taraf signifikansi 1%.
Kata Kunci: Kemampuan metakognisi, membaca cepat
Full Text:
PDFReferences
Tampubolon, D. P. 1990.
Kemampuan Membaca Teknik
Membaca Efektif dan Efisien.
Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2008.
Membaca Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi
Meningkatkan Kemampuan
Membaca Peningkatan
Komprehensi. Yogyakarta: UNY
Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.