PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN PUISI BAGI SISWA SMA/MA KELAS X

Fauziah Arvianti,

Abstract


Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengembangkan  dan  menguji  kelayakan media  pembelajaran  klik  puisi  berbasis  komputer  yang  ditinjau  dari  aspek  materi pembelajaran,  isi  pembelajaran,  tampilan  media,  dan  pemrograman  media.  Media pembelajaran  yang    dikembangkan  berdasarkan  materi  pembelajaran  puisi  pada
kelas X  SMA/MA  kurikulum  2013  revisi  tahun  2016,  yaitu  pada  kelompok wajib kompetensi  dasar  (3.17)  menganalisis  unsur  pembangun  puisi,  dan  (4.17)  menulis puisi  dengan memerhatikan  unsur  pembangunnya  (tema,  diksi,  gaya  bahasa,  imaji, struktur,    perwajahan).    Kelompok    peminatan    ilmu-ilmu    bahasa    dan     budaya kompetensi  dasar  (3.8)  menganalisis  puisi  bertema  sosial,budaya,  dan  kemanusian dengan  memperhatikan  struktur  fisik  (tipografi,  diksi,  imaji,  kata  konkret,  bahasa figuratif,  versifikasi:    rima,  ritme,  dan  metrum)  dan  struktur  batin  puisi  (tema, feeling,  nada,  dan  amanat),  dan  (4.8)   menulis  puisi  bertema  sosial,  budaya,  dan kemanusiaan  dengan  memperhatikan  struktur  fisik    (tipografi,  diksi,  imaji,  kata kongkret,  bahasa  figuratif,  versifikasi:  rima,  ritme,  dan metrum)  dan  struktur  batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat).
Penelitian    dan    pengembangan    yang   dilakukan   mengacu    pada    prosedur pengembangan  Borg  dan  Gall  yang  disederhanakan  hanya  pada  batas  uji  validasi ahli dan  revisi produk. Pengambilan data  dilakukan dengan  validasi  ahli,  yaitu  ahli materi dan ahli media. Analisis data dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif dengan menggunakan pedoman skala Likert dengan rentang skor 1sampai 5.
Hasil  validasi  menunjukkan  bahwa  media  pembelajaran  yang
dikembangkan  layak  digunakan  dalam  proses  pembelajaran  dengan  penjelasan sebagai  berikut. Aspek  kualitas materi memperoleh  nilai  rerata  4.1  dengan  tingkat kelayakan  82%  dan  berkategori    “Baik”.  Aspek  isi  memperoleh  nilai  rerata  4.2 dengan  tingkat  kelayakan  94%  dan  berkategori    “Sangat  Baik”.  Aspek  tampilan memperoleh    nilai    rerata    4.3    dengan    tingkat    kelayakan    86%    dan    berkategori “Sangat  Baik”,  sedangkan  aspek  pemrograman  memperoleh  nilai  rerata  4  dengan tingkat kelayakan 80% dan berkategori “Baik”.

Kata kunci: media pembelajaran, berbasis komputer, pembelajaran puisi


Full Text:

PDF

References


Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips

Efektif Pemanfaatan Teknologi

Informasi dan Komunikasi dalam

Dunia Pendidikan.

Yogyakarta:Diva Press.

Borg, Walter R; Gall, Meredith

Damien. 1986. Educational

Research, an introduction

(Fourth edition). New York:

Longman Inc.

Danim, Sudarwan. 2010. Media

Komunikasi Pendidikan.Jakarta:

PT Bumi Aksara.

Darmawan, Deni. 2012. Inovasi

Pendidikan. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Munir. 2012. Multimedia: Konsep dan

Aplikasi dalam Pendidikan.

Bandung: Alfabeta CV.

Sugyiono. 2008. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D. Bandung: Penerbit

Alfabeta.

Suryaman, Maman. 2009. Draf

Panduan Pendidik dalam

Pembelajaran Bahasa Indonesia

SMP/MTs. Jakarta: Pusat

Perbukuan Departemen

Pendidikan Nasional.

Wiyatmi. 2008. Pengantar Kajian

Sastra. Yogyakarta: Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.