PENGEMBANGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER DALAM PEMBELAJARAN PUISI BAGI SISWA SMA/MA KELAS X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran klik puisi berbasis komputer yang ditinjau dari aspek materi pembelajaran, isi pembelajaran, tampilan media, dan pemrograman media. Media pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan materi pembelajaran puisi pada
kelas X SMA/MA kurikulum 2013 revisi tahun 2016, yaitu pada kelompok wajib kompetensi dasar (3.17) menganalisis unsur pembangun puisi, dan (4.17) menulis puisi dengan memerhatikan unsur pembangunnya (tema, diksi, gaya bahasa, imaji, struktur, perwajahan). Kelompok peminatan ilmu-ilmu bahasa dan budaya kompetensi dasar (3.8) menganalisis puisi bertema sosial,budaya, dan kemanusian dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata konkret, bahasa figuratif, versifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat), dan (4.8) menulis puisi bertema sosial, budaya, dan kemanusiaan dengan memperhatikan struktur fisik (tipografi, diksi, imaji, kata kongkret, bahasa figuratif, versifikasi: rima, ritme, dan metrum) dan struktur batin puisi (tema, feeling, nada, dan amanat).
Penelitian dan pengembangan yang dilakukan mengacu pada prosedur pengembangan Borg dan Gall yang disederhanakan hanya pada batas uji validasi ahli dan revisi produk. Pengambilan data dilakukan dengan validasi ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Analisis data dilakukan dengan mengubah data kuantitatif ke data kualitatif dengan menggunakan pedoman skala Likert dengan rentang skor 1sampai 5.
Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran yang
dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran dengan penjelasan sebagai berikut. Aspek kualitas materi memperoleh nilai rerata 4.1 dengan tingkat kelayakan 82% dan berkategori “Baik”. Aspek isi memperoleh nilai rerata 4.2 dengan tingkat kelayakan 94% dan berkategori “Sangat Baik”. Aspek tampilan memperoleh nilai rerata 4.3 dengan tingkat kelayakan 86% dan berkategori “Sangat Baik”, sedangkan aspek pemrograman memperoleh nilai rerata 4 dengan tingkat kelayakan 80% dan berkategori “Baik”.
Kata kunci: media pembelajaran, berbasis komputer, pembelajaran puisi
Full Text:
PDFReferences
Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. Tips
Efektif Pemanfaatan Teknologi
Informasi dan Komunikasi dalam
Dunia Pendidikan.
Yogyakarta:Diva Press.
Borg, Walter R; Gall, Meredith
Damien. 1986. Educational
Research, an introduction
(Fourth edition). New York:
Longman Inc.
Danim, Sudarwan. 2010. Media
Komunikasi Pendidikan.Jakarta:
PT Bumi Aksara.
Darmawan, Deni. 2012. Inovasi
Pendidikan. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Munir. 2012. Multimedia: Konsep dan
Aplikasi dalam Pendidikan.
Bandung: Alfabeta CV.
Sugyiono. 2008. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Penerbit
Alfabeta.
Suryaman, Maman. 2009. Draf
Panduan Pendidik dalam
Pembelajaran Bahasa Indonesia
SMP/MTs. Jakarta: Pusat
Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional.
Wiyatmi. 2008. Pengantar Kajian
Sastra. Yogyakarta: Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.