PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI PEMODELAN PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA

Azizi Azizi,

Abstract



 
Penelitian  ini  bertujuan:  (1) untuk meningkatkan  kemampuan menulis  teks laporan  hasil  observasi  dengan  menggunakan  strategi  pemodelan,  (2) untuk meningkatkan  kualitas  pembelajaran menulis  teks  laporan  hasil  observasi  dengan strategi pemodelan pada siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Penelitian  ini merupakan  penelitian  tindakan  kelas  (classroom  action
research). Subjek dalam penelitian  ini adalah  siswa kelas VII C SMP Negeri 15 Yogyakarta.   Teknik   pengumpulan   data   menggunakan   tes,   angket,   catatan lapangan,  dan dokumentasi.  Data dianalisis  dengan  teknik  analisis  kualitatif deskriptif dan  kuantitatif. Keabsahan  data diperoleh melalui  validitas  demokratik, validitas proses, validitas keluaran, validitas dialogik dan reliabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran menulis teks laporan  hasil    observasi  menggunakan  strategi  pemodelan  dapat   meningkatkan hasil kemampuaan menulis teks laporan hasil observasi. Hal ini terlihat dari skor rata-rata kemampuan menulis  teks laporan hasil observasi sebelum dikenai tindakan  adalah 57,41,  kemudian  meningkat  menjadi  69,50  pada  siklus    I  dan meningkat  lagi
menjadi 77,30 pada siklus II. Peningkatan skor rata-rata dari pratindakan ke siklus I sebesar 12,09. Peningkatan siklus I hingga siklus II sebesar
7,80.  Peningkatan  total  skor  rata-rata  kelas  dari  pratindakan  hingga  siklus  II sebesar 19,89.  (2)  Peningkatan proses  pembelajaran  menggunakan  strategi pemodelan  dapat  dilihat  dari  antusiasme,  perhatian,  dan  keaktifan  siswa  sehingga mampu meningkatkan  kualitas pembelajaran menulis  teks laporan hasil  observasi
dan  terjadi  perubahan  positif bagi  siswa.  Oleh  karena itu,  penggunaan  strategi pemodelan  dalam  pembelajaran  menulis    teks    laporan  hasil   observasi    dapat menjadi lebih menarik dan menyenangkan.
 
 
Kata kunci: kemampuan menulis, teks laporan hasil observasi, strategi pemodelan.

Full Text:

PDF

References


Dahar, R. Wilis. 1996. Teori-

teori Belajar. Jakarta:

PPLPTK Dirjen Dikti

Depdikbud.

Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan. 2013.

Bahasa Indonesia:

Wahana Pengetahuan

(Buku Siswa).

Jakarta: Kementrian

Pendidikan dan

Kebudayaan.

Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan. 2013.

Bahasa Indonesia:

Wahana Pengetahuan

(Buku Guru).

Jakarta: Kementrian

Pendidikan dan

Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.