KARAKTERISTIK PUISI SISWA SMP NEGERI KELAS VIII DI KABUPATEN SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik puisi siswa
SMP Negeri Kelas VIII di Kabupaten Sleman berdasarkan struktur fisik dan
struktur batin.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data
penelitian yakni puisi siswa SMP Negeri Kelas VIII di Kabupaten Sleman
sebanyak 60 puisi. Objek penelitian ini adalah struktur fisik (versifikasi, majas, dan pengimajian) dan struktur batin (tema, nada dan suasana, perasaan, dan amanat) pada puisi siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah human instrument. Teknik pengumpulan data penelitian ini dilaksanakan dengan teknik baca dan catat.
Keabsahan data diperoleh melalui reliabilitas intrarater dan interater.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur fisik dan struktur batin pada
puisi siswa cukup bervariasi. Berdasarkan struktur fisik puisi, versifikasi rima frekuensi kemunculan paling tinggi adalah ulangan bunyi asonani. Pada aspek majas frekuensi kemunculan paling tinggi adalah simile. Pada pengimajian frekuensi kemunculan paling tinggi adalah imaji visual. Unsur selanjutnya yaitu struktur batin. Dari berbagai tema yang digunakan, frekuensi kemunculan tinggi adalah tema alam. Aspek selanjutnya yaitu nada dan suasana, frekuensi kemunculan paling tinggi adalah nada dan suasana santai. Pada aspek perasaan frekuensi kemunculan paling tinggi adalah perasaan gembira.Terakhir
penggunaan amanat, frekuensi kemunculan paling tinggi adalah amanat menjaga lingkungan alam.
Kata kunci: karakteristik, puisi, siswa SMP
Full Text:
PDFReferences
A. Nur’aini, 2014. “Karakteristik
Puisi Karya Siswa Kelas
VIII Akselerasi SMPN 5
Malang”. NOSI Jurnal
Pendidikan Bahasa
Indonesia Program
Pascasarjana UNISMA.
Vol. 2, No. 1, hlm. 23.
Aminuddin. 2009. Pengantar
Apresiasi Karya Sastra.
Bandung: Sinar Baru
Algensindo.
Hasanah, Muakibatul. 2013.
“Karakteristik Struktural-
Semiotik Puisi-Puisi Karya
D. Zawawi Imron”. Litera,
Vol. 12, No. 2, hlm. 269-
Istimurti, Meti. 2009. “Pembelajaran
Menulis Kreatif Puisi
dengan Model Cooperative
Learning Tipe Jigsaw”.
Jurnal Pendidikan Bahasa,
Sastra, dan Pengajarannya,
Vol. 9, No. 1, hlm. 80-95.
Laeli, Anisa Nur, dkk. 2013.
“Peningkatan Keterampilan
Menulis Puisi Keindahan
Alam Menggunakan
Metode Partisipatori
dengan Media Gambar”.
Jurnal Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia
(online), Jilid 2, No. 1, hlm.
-8. Diakses pada tanggal
Januari 2015 melalui
http://journal.unnes.ac.id.
Moleong, Lexy J. 2002. Metodologi
Penelitian Kualitatif.
Bandung: Rosda Karya.
Waluyo, Herman J. 1987. Teori dan
Apresiasi Puisi. Jakarta:
Erlangga.
Refbacks
- There are currently no refbacks.