ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA PADA PUISI KARYA SISWA SMA DI YOGYAKARTA

Febriyani Dwi Rachmadani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan gaya bahasa
pada puisi karya siswa SMA di Yogyakarta, sehingga dapat diketahui gaya bahasa paling dominan yang digunakan oleh siswa beserta karakteristik penggunaan gaya bahasa pada puisi siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.  Subjek dalam
penelitian ini berupa puisi karya siswa SMA di Yogyakarta dengan pengambilan sampel yakni puisi karya siswa di SMA N 1 Yogyakarta, MAN Yogyakarta 1, dan SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.  Penelitian difokuskan pada  gaya bahasa  dalam puisi karya siswa SMA di Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan  teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data.  Data dianalisis dengan teknik  analisis
semantik. Keabsahan data diperoleh melalui validitas semantik dan reliabilitas intrareter dan interater.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat 38 gaya bahasa yang
digunakan siswa pada  puisinya, dengan gaya bahasa  yang paling mendominasi adalah  personifikasi, erotesis, anafora, simile, dan anadiplosis, (2)  karakteristik gaya bahasa pada puisi siswa tergantung dari pemilihan tema, masalah, dan isi  yang siswa ingin utarakan. Isi puisi siswa berupa kejadian yang dialami sendiri,  melihat sekitar, berbekal latar belakang pengetahuan, tren masa kini, dan  ungkapan hati yang sesungguhnya,  (3) Gaya  bahasa yang mendominasi tema  egoik-psikologis antara lain simile, gaya bahasa repetisi, litotes, erotesis, dan
personifikasi.  Gaya bahasa pada puisi bertema social-cinta  kasih antara lain berupa  satire, hiperbola,  gaya bahasa repetisi, dan erotesis.  Gaya bahasa yang  mendominasi tema social-alam adalah personifikasi dan gaya bahasa perulangan sedangkan gaya bahasa satire, ironi, sinisme, sarkasme terkadang muncul  untuk melakukan kritik sosial. Gaya bahasa yang sering muncul pada tema ketuhanan keyakinan adalah epitet, parabel, erotesis, dan gaya bahasa repetisi. Gaya bahasa yang sering muncul pada tema ketuhanan-religiositas adalah erotesis, gaya bahasa
repetisi, dan litotes. 
 
Kata kunci: gaya bahasa, karakteristik, puisi, siswa SMA di Yogyakarta

Full Text:

PDF

References


Astuti, Reny. 2013. Karakteristik Gaya

Bahasa dalam Puisi Karya

Siswa Kelas VII SMP Negeri

Yogyakarta. Skripsi S1.

Diunduh dari

http://www.eprints.uny.ac.id

pada 26 Desember 2016.

FM. 2011. “Milad XXX, PBSI Adakan

Lomba Baca Puisi SMA/SMK

se-DIY”, http://uad.ac.id/.

Diakses pada 20 Maret 2017.

Hasyim, Fuad. 2017. “SMA MUHA

Luncurkan Perpustakaan

Berbasis Android”,

http://pdmjogja.org/. Diakses

pada 20 Maret 2017

Keraf, Gorys. 2007. Diksi dan Gaya

Bahasa. Jakarta: PT

GRAMEDIA PUSTAKA

UTAMA.

Khairunnisa, Rizky Amelia. 2014.

“Analisis Penggunaan Gaya

Bahasa Puisi Bebas Siswa

Kelas VIII Sekolah Menengah

Pertama Islam Terpadu Al-

Madinah Tanjungpinang Tahun

Pelajaran 2013/2014”. Artikel

E-Journal. Diunduh dari

http://www.umrah.ac.id pada

November 2016.

MAN. 2016. “Peringatan Hari

Kebangkitan Nasional di MAN

Yogyakarta 1”,

http://manyogya1.sch.id/man1n

ew/. Diakses pada 20 Maret

Mihardja, Dimas Arika dkk. 2012.

Reparasi dan Apresiasi Puisi

sebagai Cermin Peradaban ala

Bengkel Puisi Swadaya

Mandiri. Yogyakarta:

JAVAKARSA MEDIA.

Moleong, Lexy J. 2014. Metodologi

Penelitian Kualitatif. Bandung:

PT REMAJA

ROSDAKARYA.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014.

STILISTIKA. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

__________________ 2012. Teori

Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2009.

Pengkajian Puisi. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian

Pendidikan (Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan

R&D). Bandung: CV

ALFABETA

Sukasworo, dkk. 2006. Bahasa

Indonesia: Mutiara Gramatika

Bahasa dan Sastra Indonesia

Jilid 2. Jakarta: Piranti Darma

Kalokatama.

Surapranata, Sumarna. 2005. Analisis

Validitas, Reliabilitas, dan

Interpretasi Hasil Tes

(Implementasi Kurikulum

. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2013.

Pengajaran Gaya Bahasa.

Bandung: Angkasa.

Waluyo, Herman J. 1995. Teori dan

Apresiasi Puisi. Jakarta:

Erlangga.

Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian

Sastra. Yogyakarta:

PUSTAKA BOOK

PUBLISHER.

Wirna, Ika. 2012. Analisis Gaya

Bahasa Novel Laskar Pelangi

karya Andrea Hirata serta

Implikasinya dalam

Pembelajaran Bahasa dan

Sastra Indonesia di SMA.

Skripsi S1. Diunduh dari

http://www.repository.uinjkt.ac

.id pada 01 November 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.