UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KREATIF PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, VISUAL, AUDITORI, DAN INTELEKTUAL) PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 2 SANDEN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses dan hasil pembelajaran keterampilan menulis kreatif puisi dengan menggunakan pendekatan SAVI (somatis, visual, auditori, dan intelektual) pada siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sanden.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Sanden yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis kreatif puisi. Penelitian dilakukan dengan tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi, dan evaluasi. Data diperoleh dari observasi,
wawancara, tes, analisis dokumen, catatan lapangan, dokumentasi foto, dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan produk.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, peningkatan proses tampak melalui hasil pengamatan yang menunjukkan bahwa selama dilakukan penelitian tindakan, keaktifan, keseriusan, dan antusias peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran menulis puisi meningkat secara bertahap dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Kedua, peningkatan produk dengan pendekatan SAVI dalam menulis kreatif puisi dapat dilihat dari karya peserta didik. Pada pratindakan, rata-rata nilai peserta didik sebesar 55,41 dengan keterangan belum ada peserta didik yang tuntas. Pada siklus I, nilai rata-rata peserta didik
naik menjadi 68,98 dengan peserta didik tuntas sebanyak 9 orang. Selanjutnya, pada siklus II rata-rata nilai peserta didik naik menjadi 79,80 dengan ketuntasan 100% atau 28 siswa.
Kata kunci: peningkatan, kemapuan menulis puisi, pendekatan SAVI.
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran
Bahasa Berbasis Pendidikan
Karakter. Bandung: Refika
Aditama
Akhadiah, Sabarti, dkk. 196. Menulis.
Jakarta: Departemen Pendidikan
dan Kebudayaan.
Artanti, Putri Aprilia. 2012. “Upaya
Peninkatan Keterampilan
Menulis Puisi dengan
Menggunakan Strategi Tulis
Kini, pada Siswa Kelas VII B
SMP N 1 Sayegan Sleman”.
Skripsi. Yogyakarta: FBS UNY.
Hamid, Moh Sholeh. 2011. Metode
Edutainment. Yogyakarta: Diva Press.
Madya, Suwarsih. 2011. Penelitian
Tindakan (Action Research)
Teori dan Praktik. Bandung:
Penerbit Alfabeta.
Meier, Dave. 2002. The Accelerated
Learning Handbook-Panduan
Kreatif dan Efektif Merancang
Program Pendidikan dan
Pelatihan (Rahmani Asturi.
Terjemahan). Bandung: Kaifa.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Teori
Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2013. Sastra
Anak: Pengantar Pemahaman
Dunia Anak. Yogyakarta:
Gadjah Mada Univrsity Press.
. 2010. Penilaian
Pembelajaran Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta: BFE.
Pradopo, Rahmat Djoko. 2002.
Pengkajian Puisi. Yogyakarta:
Gadjah Mada University Press.
Sayuti, Suminto A. 1985. Puisi dan
Pengajarannya. Semarang: IKIP
Semarang Press.
. 2000. Semerbak
Sajak. Yogyakarta: Gama
Media.
. 2008. Berkenalan
dengan Puisi. Yogyakarta: Gama
Media.
Sulistyorini, Dwi. 2010. “Peningkatan
Keterampilan Menulis Puisi
dengan Media Gambar pada
Siswa Kelas V SDN Sawoajajar
V Kota Malang”. Jurnal TEQIP,
Tahun, Jilid 1 Nomor 1, hlm 12-
Suprijono, Agus. 2010. Cooperative
Learnig Teori dan Aplikasi
PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Supriyadi. 2008. Mengatasi Kesulitan
Menulis Puisi pada Siswa
Sekolah Dasar dengan
Pendekatan SAVI. Jurnal
ARIKULASI. Malang: UMM.
Supriyadi. 2012. Penilaian
Pembelajaran Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis
Sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.