PELAKSANAAN PEMBINAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MENULIS KARYA ILMIAH SISWA SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan
kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta.
Pelaksanaan pembinaan ditinjau dari beberapa komponen utama, yaitu: (1) materi pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, (2) metode pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, (3) media pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, dan (4) evaluasi pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta.
Jenis metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah pembina kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah dan siswa di SMA Negeri 6 Yogyakarta, sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah di SMA Negeri 6 Yogyakarta yang meliputi materi, metode, media, dan evaluasi.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, analisis dokumen, catatan lapangan, dan menggunakan angket. Keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara induktif, dengan tahapan pengelompokan, pengkategorian, dan interpretasi.
Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, materi
pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD, yaitu (1) materi keterampilan penulisan kerangka pikir dan latar sosial, (2) materi keterampilan pembuatan mi dari jantung pisang, dan (3) materi persiapan lomba katerampilan menulis karya ilmiah. Sumber materi yang digunakan adalah dari sejumlah makalah, artikel, dan hasil karya siswa. Kedua,
metode pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah yang digunakan oleh pembina adalah kombinasi antara metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Ketiga, media pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah yang digunakan pembina adalah seperangkat layar LCD (Liquid Crystal Display) dan laptop. Keempat, evaluasi pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah dilaksanakan dengan teknik evaluasi penugasan individu dan praktik.
Kata Kunci: ekstrakurikuler, keterampilan menulis karya ilmiah
kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta.
Pelaksanaan pembinaan ditinjau dari beberapa komponen utama, yaitu: (1) materi pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, (2) metode pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, (3) media pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta, dan (4) evaluasi pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah siswa SMA Negeri 6 Yogyakarta.
Jenis metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek
penelitian ini adalah pembina kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah dan siswa di SMA Negeri 6 Yogyakarta, sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah di SMA Negeri 6 Yogyakarta yang meliputi materi, metode, media, dan evaluasi.
Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, analisis dokumen, catatan lapangan, dan menggunakan angket. Keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara induktif, dengan tahapan pengelompokan, pengkategorian, dan interpretasi.
Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. Pertama, materi
pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah sesuai dengan tujuan pembelajaran dan KD, yaitu (1) materi keterampilan penulisan kerangka pikir dan latar sosial, (2) materi keterampilan pembuatan mi dari jantung pisang, dan (3) materi persiapan lomba katerampilan menulis karya ilmiah. Sumber materi yang digunakan adalah dari sejumlah makalah, artikel, dan hasil karya siswa. Kedua,
metode pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah yang digunakan oleh pembina adalah kombinasi antara metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan penugasan. Ketiga, media pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah yang digunakan pembina adalah seperangkat layar LCD (Liquid Crystal Display) dan laptop. Keempat, evaluasi pembinaan kegiatan ekstrakurikuler menulis karya ilmiah dilaksanakan dengan teknik evaluasi penugasan individu dan praktik.
Kata Kunci: ekstrakurikuler, keterampilan menulis karya ilmiah
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006.
Prosedur penelitian Suatu
Pendekatan Praktik.
Bandung: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2008).
Kurikulum dan Pembelajaran.
Jakarta: Bumi Aksara. Muslim,
M. Umar. (2007).
Pembelajaran Bahasa
Indonesia dan KTSP.
http://wwwduniaguru.com
/. Diunduh pada 23
November 2016.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011.
Penilaian Pembelajaran
Bahasa. Yogyakarta:
BPFE-Yogyakarta.
Sanjaya, W. 2009. Perencanaan
dan Desain Sistem
Pembelaaran. jakarta:
Kencana.
Soeparno. (1988). Media
Pengajaran
Bahasa.
Yogyakarta: PT
INTAN
PARIWARA.
Sugiyono, P. D. 2013. Metode
Kuantitatif Kualitatif dan
R&D. Bandung:
ALFABETA.
Refbacks
- There are currently no refbacks.