KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SEYEGAN SLEMAN

Nuri Handiyani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui ada perbedaan keterampilan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan model pembelajaran  problem based instruction  dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan metode konvensional, (2) menguji keefektifan model pembelajaran  problem based instruction dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan desain
penelitian pretest-posttest dan control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII  D sebagai kelas kontrol yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling.
Validitas yang dilakukan adalah validitas isi dengan  expert judgement  dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal  alpha cronbach.
Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes menulis teks berita. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor pascates  antara
kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung  sebesar 6,278 pada taraf signifikansi 5% dengan db 54 dan p sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan ada perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan model pembelajaran problem based instruction dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan metode konvensional. Setelah dilakukan uji prates dan pascates masing-masing kelompok, terlihat bahwa thitung  kelompok eksperimen
sebesar 7,421 pada taraf signifikansi 5% dengan db 27 dan nilai p sebesar 0,000.
Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran  problem based instruction efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa. Hasil perhitungan  gain score  menunjukan kelompok eksperimen sebesar 11,43 dan kelompok kontrol sebesar 10,18.
 
Kata kunci: problem based instruction, menulis, teks berita.

Full Text:

PDF

References


Cruickshank, Brandon J. and

Julie Olander. 2002.

Journal of College

Science Teaching:

Can Problem Based-

Instruction Stimulate

Higher Order

Thinking?.

www.nsta.org/publica

tions/news/story.aspx?

id=46688. Diunduh

pada tanggal 16

Februari 2016.

Darmadi, Kaswan. 1996.

Meningkatkan

Kemampuan Menulis:

Panduan untuk

Mahasiswa dan Calon

Mahasiswa.

Yogyakarta: Andi.

Suryaman, Maman. 2012.

Metodologi

Pembelajaran

Bahasa. Yogyakarta:

UNY Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2008.

Menulis Sebagai Suatu

Keterampilan Bahasa.

Bandung: Angkasa.

Trianto. 2009. Mendesain Model

Pembelajaran

Inovatif-Progresif.

Jakarta: Kencana.

Warsono dan Hariyanto. 2013.

Pembelajaran Aktif

Teori dan Assesmen.

Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Wirajaya, Asep Yudha dan

Sudarmawati. 2008.

Berbahasa dan

Bersastra Indonesia:

untuk SMP/MTs Kelas

VIII. Jakarta: Pusat

Perbukuan,

Departemen

Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.