PENINGKATAN KETERAMPILAN BERCERITA DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VII C SMP PIRI NGAGLIK KABUPATEN SLEMAN

Achmad Husni Noorrozaqi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan bercerita siswa kelas VII C SMP Piri Ngaglik Kabupaten Sleman.  Peningkatan keterampilan bercerita siswa dapat dilihat secara proses dan produk dengan menerapkan strategi Make a Match. Penelitian  ini untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mengungkapkan ide, rasa percaya diri siswa
dalam bercerita, dan berbicara di depan orang lain. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat komponen dari setiap siklusnya, yaitu perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kemampuan siswa untuk berbicara dalam mengungkapkan ide, meningkatkan rasa percaya diri siswa saat berbicara di depan orang lain, dan dapat bercerita di depan orang lain. Peningkatan secara produk dapat dilihat dari peningkatan skor rata-rata kelas pada saat pratindakan sebesar 20,74, pada siklus I meningkat menjadi 26,84, dan pada siklus II mengalami peningkatan
sebesar 38,23. Kenaikan skor rata-rata dari pratindakan hingga siklus II adalah sebesar 17,49.

Kata Kunci :keterampilan bercerita, strategi Make a Match


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.

Jakarta: Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012.

Penilaian Pembelajaran

Bahasa. Yogyakarta: BPFE-

Yogyakarta.

Sujanto, J. Ch. 1988. Keterampilan

Berbahasa Membaca-

Menulis-Berbicara Untuk

Mata Kuliah Dasar Umum

Bahasa Indonesia. Jayapura:

Uncen.

Tarigan, Henry Guntur. 2008.

Berbicara sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.