PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI IBB KURIKULUM 2013 SMA NEGERI 2 WONOSOBO

Zulfan Ruvianto Indra,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks cerita pendek pada siswa kelas XI IBB yang telah menerapkan pembelajaran kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Wonosobo meliputi pemilihan materi, penggunaan metode, pemanfaatan media, pelaksanaan evaluasi, faktor- faktor pendukung dan kendala pembelajarannya.
Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif  kualitatif.
Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan siswa kelas XI IBB di SMA Negeri 2 Wonosobo, sedangkan objek penelitiannya adalah pelaksanaan pembelajaran memproduksi teks cerita pendek pada kurikulum 2013 yang meliputi materi, tujuan, metode, media, evaluasi, faktor pendukung dan kendala. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan validitas data. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data antara lain:
lembar pengamatan, lembar wawancara, dan lembar penilaian memproduksi teks
cerita pendek. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukan hal-hal berikut. Pertama, penerapan
Kurikulum 2013 dalam pembelajaran memproduksi teks cerita pendek
menggunakan  pendekatan saintifik. Kedua, pemilihan materi pembelajaran memproduksi teks cerita pendek menggunakan  Buku  Siswa (Bahasa Indonesia Ekspresi diri dan Akademik Kelas XI Kemendikbud RI).  Pada penggunaan metode meliputi ceramah, tanya jawab, penugasan, dan  discovery learning. Media pembelajaran yang digunakan adalah media visual yang tidak dapat diproyeksikan.
Penggunaan media pembelajaran masih kurang optimal karena fasilitas  pendukung pembelajaran di kelas yang masih perlu ditambah. Evaluasi meliputi penilaian proses dan penilaian hasil pembelajaran memproduksi teks cerita pada siswa kelas XI IBB SMA Negeri 2 Wonosobo sudah tertulis dengan lengkap dalam RPP.
Namun, teknis penilaian hasil dan pelaksanaan penilaian belum terlaksana secara optimal karena cara evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru kurang sesuai dengan yang tertera dalam RPP. Ketiga, faktor pendukung pembelajaran yaitu buku ajar telah disediakan oleh sekolah untuk masing-masing siswa dan kendala pembelajaran berupa kurangnya motivasi siswa dalam memproduksi teks cerita pendek.

Kata kunci: pembelajaran, memproduksi teks, teks cerita pendek


Full Text:

PDF

References


Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 1996.

Perencanaan Pengajaran.

Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, H. E. 2009. Implementasi

Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan Kemandirian

Guru dan Kepala Sekolah.

Jakarta: Bumi Aksara.

Nurbaya, ST. 2009. Model-model

Pembelajaran Bahasa

Indonesia. Yogyakarta:

Departemen Pendidikan

Nasional UNY.

Susilana, Rudi. 2006. Kurikulum dan

Pembelajaran. Bandung:

Jurusan Kurtekpen FIP UPI.

Tarigan, Henry Guntur. 1994.

Menulis Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.