KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTAFET WRITING DALAM PEMBELAJARA MENULIS CERITA PENDEK PADA SISW KELAS IX SMP
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan keterampilan menulis cerita pendek antara kelompok yang menggunakan strategi estafet writing dengan kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa kelas IX SMP dan (2) keefektifan
strategi estafet writing dalam pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian adalah Control Group Pretest Postest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Wates. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Sebelum data dianalisis, diperlukan uji persyaratan analisis data yaitu, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut. Pertama, ada perbedaan keterampilan menulis cerita pendek antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, ditunjukkan dengan perolehan uji-t skor postes kedua kelompok dengan nilai P< 0,05 (0,000 < 0,05) pada taraf signifikansi 5% . Kedua, strategi estafet writing efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek, ditunjukkan
dengan perolehan uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen dengan nilai P < 0,05 (0,000 < 0,05) pada taraf signifikansi 5%.
Kata kunci: keefektifan, strategi estafet writing, menulis cerita pendek
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2011. Media
Pembelajaran. Jakarta: P.T
Rajagrafindo Persada.
Cahyono, A. 2011. Pembelajaran
Menulis Sastra dengan
Metode Estafet Writing di
SMA.
http://risecahyono.blogsp
ot.com. Diakses pada
tanggal 20 Februari 2016.
Mahanani, Anjani Yekti. 2015.
Peningkatan
Keterampilan
Memproduksi Teks
Pantun Secara Tulis
dengan Metode Tulis
Berantai Melalui Media
Kartu Pintar pada
Peserta Didik Kelas XI
Teknik Sepeda Motor
SMK Negeri 10
Semarang. Skripsi.
Jurusan Pendidikan
Bahasa dan Sastra
Indonesia. FBS. UNNES.
Nurgiyantoro, Gunawan, dan
Marzuki. 2012. Statistik
Terapan untuk Penelitian
Ilmu-ilmu Sosial.
Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Roestiyah, N.K. 2012. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta:
Rineka Cipta. Rosaliana, Praeska
Andre. 2014. Keefektifan
Metode Estafet Writing dalam
Pembelajaran
Keterampilan Menulis
Bahasa Jerman Peserta
Didik. Kelas
XI di SMA Negeri 1
Sedayu Bantul. Skripsi.
Jurusan Pendidikan
Bahasa Jerman. FBS. UNY.
Sayuti, Suminto A. 2000.
Berkenalan dengan Prosa
Fiksi. Yogyakarta: Gama
Media
Suryaman, Maman. 2012.
Metodologi Pembelajaran
Bahasa. Yogyakarta:
UNY Press.
Wulandari, Tri. 2012.
. Peningkatan Motivasi dan
Kemampuan Menulis Puisi
Melalui Penerapan Metode
Menulis Berantai (estafet
Writing) pada Siswa
Sekolah Menengah Atas.
dalam BASASTRA Jurnal
Penelitian Bahasa, Sastra
Indonesia dan
Pengajarannya volume 1
nomer 1, April 2012
Refbacks
- There are currently no refbacks.