KEEFEKTIFAN STRATEGI ESTAFET WRITING DALAM PEMBELAJARA MENULIS CERITA PENDEK PADA SISW KELAS IX SMP

SEPTYA NUGRAHANTO,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) ada tidaknya perbedaan keterampilan menulis cerita pendek antara kelompok yang menggunakan strategi  estafet writing  dengan kelompok yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional siswa kelas IX SMP dan  (2) keefektifan
strategi estafet writing dalam pembelajaran menulis cerita pendek siswa kelas IX SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimen. Desain penelitian adalah  Control Group Pretest Postest Design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 4 Wates. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Sebelum data dianalisis, diperlukan uji persyaratan analisis data yaitu, uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian yang diperoleh adalah  sebagai berikut. Pertama, ada perbedaan keterampilan menulis cerita pendek antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, ditunjukkan dengan perolehan uji-t skor postes kedua kelompok dengan nilai P< 0,05 (0,000 < 0,05) pada taraf signifikansi 5% . Kedua, strategi  estafet writing efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerita pendek, ditunjukkan
dengan perolehan uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen dengan nilai P < 0,05 (0,000 < 0,05) pada taraf signifikansi 5%.


Kata kunci: keefektifan, strategi estafet writing,  menulis cerita pendek


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media

Pembelajaran. Jakarta: P.T

Rajagrafindo Persada.

Cahyono, A. 2011. Pembelajaran

Menulis Sastra dengan

Metode Estafet Writing di

SMA.

http://risecahyono.blogsp

ot.com. Diakses pada

tanggal 20 Februari 2016.

Mahanani, Anjani Yekti. 2015.

Peningkatan

Keterampilan

Memproduksi Teks

Pantun Secara Tulis

dengan Metode Tulis

Berantai Melalui Media

Kartu Pintar pada

Peserta Didik Kelas XI

Teknik Sepeda Motor

SMK Negeri 10

Semarang. Skripsi.

Jurusan Pendidikan

Bahasa dan Sastra

Indonesia. FBS. UNNES.

Nurgiyantoro, Gunawan, dan

Marzuki. 2012. Statistik

Terapan untuk Penelitian

Ilmu-ilmu Sosial.

Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Roestiyah, N.K. 2012. Strategi

Belajar Mengajar. Jakarta:

Rineka Cipta. Rosaliana, Praeska

Andre. 2014. Keefektifan

Metode Estafet Writing dalam

Pembelajaran

Keterampilan Menulis

Bahasa Jerman Peserta

Didik. Kelas

XI di SMA Negeri 1

Sedayu Bantul. Skripsi.

Jurusan Pendidikan

Bahasa Jerman. FBS. UNY.

Sayuti, Suminto A. 2000.

Berkenalan dengan Prosa

Fiksi. Yogyakarta: Gama

Media

Suryaman, Maman. 2012.

Metodologi Pembelajaran

Bahasa. Yogyakarta:

UNY Press.

Wulandari, Tri. 2012.

. Peningkatan Motivasi dan

Kemampuan Menulis Puisi

Melalui Penerapan Metode

Menulis Berantai (estafet

Writing) pada Siswa

Sekolah Menengah Atas.

dalam BASASTRA Jurnal

Penelitian Bahasa, Sastra

Indonesia dan

Pengajarannya volume 1

nomer 1, April 2012


Refbacks

  • There are currently no refbacks.