KEEFEKTIFAN STRATEGI PSRT (Prepare, Structure, Read, Think TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang
digunakan adalah pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bambanglipuro. Penyampelan menggunakan teknik random sampling dengan hasil kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan dengan prates dan pascates yang diberikan kepada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Validitas isi dilakukan oleh expert judgement. Uji reliabilitas instrumen dilakukan dengan menggunakan koefisien alpha pada
program iteman dan diperoleh nilai sebesar 0,770. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian persyaratan analisis menunjukkan bahwa skor prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan kemampuan
membaca pemahaman teks deskripsi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi PSRT dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi PSRT. (2) mengetahui keefektifan strategi PSRT dalam pembelajaran membaca pemahaman teks deskripsi pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bambanglipuro.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut. (1)
Terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks deskripsi yang signifikan antara kelas yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi PSRT dengan kelas yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi PSRT pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Bambanglipuro. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji-t pascates kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh t 4,926
dengan df = 62 dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). (2) Strategi PSRT terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman teks deskripsi pada siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Bambanglipuro. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan uji- t skor prates dan pascates kelas eksperimen diperoleh t hitung 2,385 dengan df=31 dan p sebesar 0,023 (p < 0,05). Gain Score kelas kontrol sebesar 0,88 dan kelas eksperimen 2,62.
Kata kunci: keefektifan, strategi PSRT, membaca pemahaman, teks deskripsi
Full Text:
PDFReferences
Dalman. 2015. Keterampilan Menulis. Jakarta: Rajawali Pers.
Simons, Sandra McCandless. ”PSRT: Reading Comprehension Strategy”. Journal
of Reading, Vol. 32, No 5, hlm 419-427. Diunduh pada tanggal 10 Juni 2016.
Supriyanto, Eka. 2013. “Keefektifan Strategi KWL (Know, Want to Know and
Learned) Plus dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Siswa Kelas VII
SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Bahasan dan Sastra Indonesiam FBS, UNY.
Utami, Yunaida Ria. 2016. “Keefektifan Strategi PSRT (Prepare-Structure-Read-
Think) dalam Pembelajaran Memahami Teks Eksplanasi pada Siswa Kelas
VII SMP N 12 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia FBS, UNY.
Wiesendanger, Katherine D. 2000. Strategies For Literacy Education. Ohio: Alfred
University.
Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca
Peningkatan Komprehensi. Yogyakarta: UNY Press.
. 2012. Terampil Membaca dan Berkarakter Mulia. Yogyakarta:
Multi Presindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.