ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA KARANGAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MINGGIR

Tifani Ainurriza,

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan morfologi, kesalahan sintaksis, kesalahan ejaan, kesalahan berat dan kesalahan ringan yang ditemukan pada karangan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Minggir. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kesalahan berbahasa pada karangan siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Minggir, sedangkan objek penelitian mencakup empat hal, yaitu analisis kesalahan morfologi, analisis kesalahan sintaksis, analisis kesalahan ejaan, dan analisis kesalahan berat dan ringan. Pengumpulan data dilakukan dengan metode simak dan teknik catat, sedangkan instrumen penelitian berupa kartu data. Data-data tersebut dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif melalui tiga tahap, yaitu kategorisasi, tabulasi, dan pembuatan inferensi. Sementara itu, keabsahan data diperoleh dengan intrarater dan interrater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak ditemukan berbagai bentuk kesalahan berbahasa pada karangan siswa. Bentuk kesalahan berbahasa yang ditemukan terdiri dari empat kategori. Pertama, kesalahan morfologi tetapi kesalahan ini tidak banyak terjadi. Kesalahan yang ditemukan lebih banyak disebabkan oleh kesalahan afiksasi. Kedua, kesalahan sintaksis. Kesalahan sintaksis yang ditemukan cukup beragam, kurang lebih ditemukan 13 bentuk kesalahan. Ketiga, kesalahan ejaan yang ditemukan adalah kesalahan pemakaian huruf kapital, kesalahan penulisan kata depan di-, ke-, dan kesalahan pemakaian tanda baca. Kesalahan pada tataran pemakaian huruf kapital, yaitu kesalahan pemakaian huruf pertama pada nama tempat merupakan kesalahan ejaan yang paling dominan dilakukan oleh siswa. Keempat, kesalahan ringan. Kesalahan ringan adalah kesalahan yang paling banyak muncul terutama kesalahan penulisan huruf kapital dan huruf kecil, sedangkan kesalahan berat tidak ditemukan. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan karangan siswa sudah dapat dipahami isi dan maknanya akan tetapi kemampuan siswa dalam menyusun sebuah kalimat belum cukup baik, terbukti dengan masih banyaknya bentuk kesalahan ringan yang ditemukan dan dilakukan secara berulang-ulang.

 

Kata Kunci: Kesalahan Berbahasa, Analisis Kesalahan Berbahasa, Kesalahan Morfologi, Kesalahan Sintaksis, Kesalahan Ejaan, Kesalahan Berat dan Ringan, Karangan Siswa


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.