PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI SMA TARUNA NUSANTARA

Eva Kurniawati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia kelas X dan XI di SMA Taruna Nusantara, hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran, serta upaya guru dalam mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru Bahasa Indonesia kelas X dan XI SMA Taruna Nusantara. Objek penelitian difokuskan pada pembelajaran Bahasa Indonesia, hambatan, dan upaya guru dalam mengatasi  hambatan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Taruna Nusantara. Data diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan beberapa hal sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Taruna Nusantara dikaji berdasarkan komponen pembelajaran yang sesuai dengan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013. Kedua, hambatan pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu, adanya kegiatan yang mengurangi jam pembelajaran, motivasi belajar siswa yang berbeda-beda, dan  adanya  pengaruh bahasa daerah yang digunakan di kelas. Ketiga, usaha guru dalam mengatasi hambatan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan memberikan tugas atau Special Treatment, memberikan motivasi, serta menjelaskan beberapa konsep tentang bahasa.

 

Kata kunci: pembelajaran Bahasa Indonesia, Kurikulum 2013, SMA Taruna Nusantara

 


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.