PENGARUH PENGELOLAAN KELAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI SEMESTER GENAP PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 NGEMPLAK TAHUN AJARAN 2017/2018

Dela Ayu Asihani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh pengelolaan kelas terhadap kemampuan memahami materi semester genap pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak. Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak yang berjumlah 192 siswa. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VII C, VII D, dan VII E sebagai sampel penelitian dengan jumlah sebanyak 96 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala Likert berkaitan dengan pengelolaan kelas dan tes terkait dengan kemampuan memahami materi yang dilakukan menggunakan tes materi buku fiksi dan nonfiksi, serta materi surat pribadi dan surat dinas. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, uji linieritas, dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengelolaan kelas yang dilakukan oleh guru Bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak berkategori sedang, (2) kemampuan memahami materi buku fiksi dan nonfiksi berkategori sedang, (3) kemampuan memahami materi surat pribadi dan surat dinas berkategori tinggi, (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan kelas dan kemampuan memahami materi buku fiksi dan nonfiksi. Hasil tersebut ditunjukkan dari koefisien korelasi (rhitung) 0,447 lebih besar daripada rtabel 0,203, sementara nilai R square atau koefisien determinasi (r2) sebesar 0,200. Setelah uji t diperoleh nilai thitung sebesar 4.846 lebih besar daripada ttabel 1.986 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikansi pengelolaan kelas terhadap kemampuan memahami materi buku fiksi dan nonfiksi, dan (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan pengelolaan kelas terhadap kemampuan memahami materi surat pribadi dan surat dinas. Hal tersebut ditunjukkan dari koefisien korelasi (rhitung)  0,468 lebih besar daripada rtabel 0,203, sementara nilai R square atau koefisien determinasi (r2) sebesar 0,219. Setelah  uji t diperoleh nilai thitung sebesar 5.132 lebih besar daripada ttabel 1.986 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikansi pengelolaan kelas terhadap kemampuan memahami materi surat pribadi dan surat dinas.

 

Kata Kunci: pengelolaan kelas, kemampuan memahami materi

 


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.