PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA PENDEK MENGGUNAKAN METODE INDEX CARD MATCH PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 REMBANG

Berrlian Rakhma Sari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek menggunakan metode index card match pada siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 2 Rembang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 2 Rembang yang berjumalh 32 orang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan dan implementasi dalam penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan dua kali pertemuan pada masing-masing siklus. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan metode index card match. Data dalam peneltian ini diperoleh dengan menggnakan pedoman observasi, wawancara, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan berupa nilai dilakukan secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan tindakan dalam penelitan ini dilihat melalui peningkatan keberhasilan proses dan produk. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa metode index card match dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek siswa kelas VIII.8 SMP Negeri 2 Rembang.  Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya proses proses dan hasil pembelajaran membaca pemahaman teks cerpen pada siswa. Peningkatan proses pembelajaran dibuktikan dengan semakin aktif, termotivasi, dan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran membaca pemahaman teks cerpen. Peningkatan produk pembelajaran dibuktikan dengan semakin meningkatnya hasil tes membaca pemahaman teks cerita pendek siswa yang telah mencapai KKM sebelum diberikan tindakan dan setelah diberikan tindakan.  Hasil belajar siswa pada pratindakan hanya hanya 9 siswa (29%) yang mencapai KKM dan 22 siswa (71%) tidak memenuhi KKM. Setelah diberikan tindakan menggunakan metode index card match, terjadi peningkatan hasil tes pada siklus I dan II. Pada siklus I sebanyak 19 siswa (63.4%) telah memenuhi KKM dan terdapat 11 siswa (35.5%) tidak memenuhi KKM. Pada siklus II sebanyak 29 siswa (93.5%) telah memenuhi KKM dan hanya 2 siswa (6.6%) yang tidak mencapai KKM. Dengan demikian, metode index card match dapat menigkatkan kemampuan membaca pemahaman teks cerita pendek baik secara proses maupun hasil.

 

Kata kunci: membaca pemahaman, metode index card match, cerita pendek


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.