PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA TEKS PERSUASI KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN

Heni Wulandari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Bahasa Indonesia Teks Persuasi kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Penggunaan media pembelajaran Bahasa Indonesia berupa deskripsi penggunaan media terkait kesesuaian dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), jenis-jenis media pembelajaran yakni media visual konvensional, visual mutakhir, audio visual, serta dampak penggunaan media pembelajaran terhadap siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian siswa dan guru Bahasa Indonesia. Objek penelitian adalah penggunaan media pembelajaran bahasa Indonesia teks persuasi kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sleman. Teknik pengumpulan data yaitu primer dan sekunder. Teknik analisis data dilaksanakan dengan reduksi, penyajian, dan penyimpulan. Penggunaan media pembelajaran teks persuasi kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Sleman didasarkan pada analisis dokumen dengan hasil observasi yaitu perencanaan dan pelaksanaannya. Langkah-langkah penggunaan media pembelajaran tercantum di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), tetapi pada pelaksanaannya guru tidak menggunakan media yang telah tercantum di dalam RPP. Jenis-jenis media pembelajaran pada teks persuasi bervariasi. Ada tiga jenis media yang divariasikan guru yaitu visual konvensional, visual mutakhir dan audio visual. Dampak penggunaan media pembelajaran keseluruhan dari sekolah berlevel tinggi, sedang, dan rendah yaitu 68,5 dengan kategori cukup. Ditinjau dari indikator angket siswa, hasil persentase yang bernilai tinggi pada media pembelajaran teks persuasi, adalah menarik dan mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi ditunjukkan sebesar 86,45 %.

 

Kata Kunci: Perencanaan Pembelajaran, Penggunaan Media Pembelajaran, Teks Persuasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.