PELAKSANAAN PENILAIAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 15 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan penilaian pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Yogyakarta. Dalam penelitian ini, pelaksanaan penilaian pembelajaran Bahasa Indonesia ditinjau dari (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) kendala, dan (4) upaya mengatasi kendala dalam pelaksanaan penilaian pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Yogyakarta.
Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan peserta didik kelas VII dan VIII SMP Negeri 15 Yogyakarta, sedangkan objek penelitian adalah pelaksanaan penilaian pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 15 Yogyakarta materi Puisi Rakyat dan Drama. Pengumpulan data dilakukan dengan wawanacara mendalam, pengamatan pembelajaran, analisis dokumen, dan pengisian angket. Teknik analisis data dengan pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan kesimpulan Keabsahan data diuji dengan ketekunan dan triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut. (1) Persiapan pelaksanaan penilaian pembelajaran dilakukan baik pihak sekolah maupun guru. (2) Pelaksanaan penilaian pembelajaran memenuhi empat prinsip penilaian, mencakup ruang lingkup penilaian, dan menggunakan tiga teknik penilaian. Prinsip penilaian yang terpenuhi yaitu objektif, adil, terpadu, dan terbuka. Ruang lingkup penilaian yaitu sikap, pengetahuan, dan tiga keterampilan berbahasa. Teknik penilaian yang digunakan yaitu penilaian antarteman, penugasan, dan proyek. (3) Kendala pelaksanaan penilaian berasal dari waktu, peserta didik, dan agenda sekolah. (4) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala pelaksanaan penilaian pembelajaran yaitu mencari waktu luang secara mandiri, mencari alternatif penugasan, dan memberi peringatan, teguran, dan arahan.
Kata Kunci : Penilaian, pembelajaran, Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Apriliadi, F. 2016. Pelaksanaan Penilaian Berbasis Kelas pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY
Izzaty, R. E, dkk. 2013. Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press.
Nurgiyantoro, B. 2016. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Nurgiyantoro, B., Suyata, P. 2011. Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. (Jurnal LITERA Vol.10, Nomor 2) Yogyakarta: LITERA
Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta. 2007. Peraturan Daerah Kota Yogyakarta: Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Yogyakarta 2005-2025 https://www.jogjakota.go.id yang diakses pada tanggal 28 Februari 2018 pukul 15.44 WIB
Saputri, W.A. 2015. Pelaksanaan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Ngemplak. Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS UNY
Refbacks
- There are currently no refbacks.