KEEFEKTIFAN STRATEGI STORY WRITING MAP DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MLATI SLEMAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan menulis naskah drama antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis naskah drama dengan menggunakan strategi Story Writing Map dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis naskah drama tanpa menggunakan strategi Story Writing Map, dan (2) menguji keefektifan strategi Story Writing Map dalam pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mlati Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan control group Pretest-Posttest design. Variabel dalam penelitian ini adalah penggunaan strategi Story Writing Map dan kemampuan menulis naskah drama. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mlati Sleman. Teknik pengambilan sampel yang menggunakan random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan teknis tes berupa tes menulis naskah drama. Hasil uji normalitas menunjukkan data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varian data homogen. Validitas isi dikonsultasikan kepada guru. Hasil penghitungan uji-t data posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menghasilkan thitung 4,804 dengan df 46 diperoleh nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (p = 0,000 < 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan terdapat perbedaan kemampuan menulis naskah drama yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis naskah drama menggunakan strategi Story Writing Map dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis naskah drama tanpa strategi Story Writing Map. Hasil uji-t data Pretest dan Posttest kelompok eksperimen menghasilkan thitung sebesar -6.792 dengan df 23, dan nilai p sebesar 0,000. Kesimpulannya adalah (1) ada perbedaan yang signifikan kemampuan menulis naskah drama siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Story Writing Map dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi Story Writing Map, dan (2) strategi Story Writing Map efektif digunakan dalam pembelajaran menulis naskah drama pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Mlati Sleman.
Kata kunci: keefektifan, strategi Story Writing Map, memproduksi, teks cerita pendek
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian (Sebagai Suatu Pendekatan Praktik). Jakarta: Rineka Cipta.
Efendi, Anwar. 2002. Diktat Kuliah Telaah Drama. Yogyakarta: FBS UNY.
Harymawan. 1993. Dramaturgi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Kemdikbud. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemdikbud.
Nurgiyantoro, Burhan. 2014. Stilistika. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
__________________. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
__________________. 2011. Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
__________________. 2009. Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: BPFE.
__________________. 2004. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Satoto, Soediro. 2012. Analisis Drama dan Teater Jilid 1. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Waluyo, Herman J. 2001. Drama: Teori dan Pengajarannya. Yogyakarta: Hanindita Graha Widia.
Wiesendanger, Katherine D. 2000. Strategies for Literacy Education. Ohio: Merrill Prentice Hall.
Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Refbacks
- There are currently no refbacks.