KONFLIK PADA CERPEN KARYA SISWA SMK NEGERI KOTA YOGYAKARTA DALAM KUMPULAN CERPEN SEPASANG MATA SERUPA

Firdan Fitra M.,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan konflik yang meliputi relasi tokoh yang terlibat konflik dengan tokoh utama, wujud konflik dan penyelesain konflik dalam cerpen karya siswa SMK Negeri pada kumpulan cerpen Sepasang Mata Serupa hasil Bengkel Bahasa dan Sastra Indonesia tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam cerpen Sepasang Mata Serupa karya siswa SMK Negeri ditemukan 5 macam wujud konflik, yaitu (1) kekerasan fisik dalam rumah tangga, (2) hubungan yang tidak harmonis antara anak dengan orang tua, (3) tekanan batin, (4) kehilangan pacar, dan (5) tidak memiliki uang. Relasi tokoh yang terlibat konflik pada Sepasang Mata Serupa dikelompokkan dalam 3 macam, yaitu (1) relasi antara anak dengan orang tua, (2) pribadi dengan diri sendiri, dan (3) pribadi dengan sahabat. Penyelesaian konflik dalam kumpulan cerpen Sepasang Mata Serupa sikelompokkan dalam 4 macam, yaitu (1) anak membunuh orang tua, (2) tokoh dikisahkan meninggal, (3) tokoh utama diberikan penjelasan oleh tokoh lain, dan (4) mengorbankan sesuatu yang berharga.

 

Kata kunci: Kata Kunci: tokoh utama, cerpen, siswa SMK


Full Text:

PDF

References


Balai Bahasa DIY. 2017. Sepasang Mata Serupa; Antologi Cerpen Bengkel Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa SLTA Kota Yogyakarta. Herry Mardianto. Yogyakarta: KEMENDIKBUD Balai Bahasa DIY.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Gama Media.

Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: PUSTAKA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.