PENGGAMBARAN TOKOH UTAMA DAN FAKTOR YANG MEMENGARUHINYA DALAM CERPEN SISWA SMK NEGERI KABUPATEN GUNUNGKIDUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggambaran tokoh utama melalui dimensi fisiologis, dimensi psikologis, dimensi sosiologis, dan faktor yang memengaruhi penggambaran tokoh utama cerpen karya siswa SMK Negeri Kabupaten Gunungkidul hasil Bengkel Bahasa dan Sastra Indonesia tahun 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, Pertama, penggambaran dimensi fisiologis tokoh utama dapat digolongkan dalam beberapa aspek dan deskripsi. Aspek-aspek tersebut adalah aspek jenis kelamin, usia, dan tampilan fisik. Kedua, penggambaran dimensi psikologis tokoh utama dapat digolongkan dalam aspek mentalitas, aspek standar moral, aspek temperamen, dan aspek kondisi batin (emosi). Ketiga, penggambaran dimensi sosiologis tokoh utama dapat digolongkan dalam aspek status pendidikan, aspek status pernikahan, aspek agama, aspek kelas sosial/ekonomi, aspek pergaulan, dan aspek keakraban keluarga. Pengaruh usia penulis dan latar belakang penulis sebagai seorang pelajar tergambar dalam tiga dimensi tokoh utama.
Kata Kunci: tokoh utama, cerpen, siswa SMK
Full Text:
PDFReferences
Aminuddin. 2010. Pengantar Apressiasi Karya Sastra. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Balai Bahasa DIY. 2017. Lukisan Senja; Antologi Cerpen Bengkel Bahasa dan Sastra Indonesia Siswa SLTA Kabupaten Gunungkidul. Yogyakarta: KEMENDIKBUD Balai Bahasa DIY.
Damono, Sapardi Djoko. 1979. Sosiologi Sastra Sebuah Pengantar Ringkas. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Jamaludin. 2003. Problematika Pembelajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Minderop, Albertine. 2005. Metode Karakterisasi Telaah Fiksi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Novakovich, Josip. 2003. Berguru Kepada Sastrawan Dunia: Buku Wajb Menulis Fiksi. Diterjemahkan oleh Fahmy Yamani. Bandung: Kaifa.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra: dari Strukturalisme hingga Poststrukturalisme Perspektif Wacana Naratif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal Terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Predana Media Group.
Sayuti, Suminto A. 2017. Berkenalan dengan Prosa Fiksi. Yogyakarta: Cantrik Pustaka.
Siswanto, Wahyudi. 2013. Pengantar Teori Sastra. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Stanton, Robert. 2007. Teori Fiksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugihastuti. 2011. Teori dan Apresiasi Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono, A. 2014. Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Teeuw, A. 2015. Sastra dan Ilmu Sastra. Bandung: PT. Dunia Pustaka Jaya.
Wellek, Rene & Austin Warren. 2014. Teori Kesusastraan. Edisi ke 5. Diterjemahkan oleh Melani Budianta. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Wicaksono, Andri. 2014. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.
Wiyatmi. 2008. Pengantar Kajian Sastra. Yogyakarta: PUSTAKA.
Refbacks
- There are currently no refbacks.