PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) perencanaan pembelajaran keterampilan menulis pada siswa kelas VIII A, B, C SMP Negeri 3 Yogyakarta; (2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis pada siswa kelas VIII A, B, C SMP Negeri 3 Yogyakarta; dan (3) evaluasi pembelajaran keterampilan menulis pada siswa kelas VIII A, B, C SMP Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VIII A, B, C dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP Negeri 3 Yogyakarta. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kredibilitas data dicapai melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil analisis kualitatif kemudian disimpulkan sesuai permasalahan penelitian. Dari hasil penelitian dapat ditarik tiga kesimpulan. Pertama, perencanaan pembelajaran keterampilan menulis yang dibuat oleh guru sudah sesuai dengan KTSP dan silabus. Komponen RPP disusun secara jelas, terstruktur, dan cukup lengkap. Kedua, pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis sebagian besar sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat. Ada beberapa ketidaksesuaian di antaranya perbedaan alokasi waktu (jumlah pertemuan) dan perbedaan langkah pembelajaran. Hal tersebut tidak mempengaruhi proses pembelajaran. Namun prestasi siswa di bidang keterampilan menulis menurun dibandingkan lima tahun terakhir, hal tersebut disebabkan oleh kurangnya pembinaan tambahan di luar pembelajaran di dalam kelas. Ketiga, evaluasi pembelajaran keterampilan menulis sebagian besar sudah sesuai dengan RPP yang telah dibuat, tetapi ada beberapa modifikasi pada instrumen penilaian. Penilaian yang dilakukan oleh guru dibagi menjadi dua, yaitu penilaian hasil dan penilaian proses. Penilaian hasil dilakukan di akhir pembelajaran dengan tes tertulis. Penilaian proses dilakukan oleh guru selama proses pembelajaran. Namun pada penilaian proses hanya dilakukan sebatas pengamatan langsung oleh guru dan tidak dilakukan pencatatan nilai proses. Oleh karena itu, nilai yang diperoleh merupakan murni penilaian hasil.
Kata kunci: pelaksanaan, pembelajaran, keterampilan menulis
Full Text:
PDFReferences
Anshori, D. S. 2003. Membaca dan Menulis: Tentang Budaya yang Gagap. Dalam Mendamba Indonesia yang Literat, Esai-esai Bahasa dan Pengajarannya. Bandung: FPBS Universitas Pendidikan Indonesia. Arikunto, Suharsimi. 2000. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Iskandarwassid dan Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Mulyasa. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicita Karya Saddhono, Kundharu dan St. Y. Slamet. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia; Teori dan Aplikasi Edisi 2. Yogyakarta: Graha Ilmu. Slamet, St. Y. 2007. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Refbacks
- There are currently no refbacks.