KESESUAIAN KOMPETENSI PEDAGOGIK DAN KESIAPAN GURU TKR SMK N 1 TENGARAN DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Ahmad Mujadid, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaiankompetensi pedagogik dan kesiapan guru TKR SMK N 1 Tengaran dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. Penelitian Kesesuaian Kompetensi Pedagogik dan Kesiapan Guru TKR SMK N 1 Tengaran dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013 ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru produktif Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Tengaran yang berjumlah 13 guru. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap penggolongan data, penyajian data, dan verifikasi. Uji keabsahan data meliputi uji kredibilitas, transferbilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kesesuaian kompetensi pedagogik guru produktif Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Tengaran dengan tuntutan kurikulum 2013 termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dengan hasil persentase 89,05%, (2) kesiapan guru produktif Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Tengaran mengimplementasikan Kurikulum 2013 dalam pembelajaran termasuk dalam kategori “Siap” dengan hasil persentase 73,40%. Kata Kunci : kompetensi pedagogik, kesiapan guru, Kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.