PENINGKATAN KEAKTIFAN, HASIL BELAJAR SISWA MAPEL DDO MELALUI METODE KOOPERATIF STAD SMK PIRI SLEMAN

Abu Salim, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan keaktifan dan hasil belaajar siswa setelah diterapkannya metode pembelajaran kooperatif STAD. siswa kelas X TKR menjadi subyek penelitian pada tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah peserta didik sebanyak 30 orang. Variable yang diamati adalah keaktifan dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif dan lembar observasi. Analisis dilakukan dengan analisis deskriptif dan teknik statistika tendensi sentral. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif STAD dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada tiap siklusnya. Hal ini dapat dibuktikan dengan (1) Metode pembelajaran kooperatif STAD terbukti dapat meningkatkan keaktifan siswa sebesar 21,6%. (2) Hasil belajarsiswa terbukti meningkat dengan diterapkannya metode pembelajaran Kooperatif STAD sebesar 83,3%.
Kata kunci : keaktifan, hasil belajar siswa dankooperatif STAD


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.