IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PENDINGIN

Budi Santoso, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kelas XI TKR A jurusan teknik kendaraan ringan SMK N 2 Klaten terhadap mata pelajaran sistem pendingin dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksankan dengan dua siklus. Setiap siklus penelitian terdiri dari tiga tahapan yaitu sebagai berikut : perencanaan, pelaksanaan dan refleksi. Hasil penelitian ini meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar kelas XI TKR A jurusan teknik kendaraan ringan SMK N 2 Klaten terhadap mata pelajaran sistem pendingin. Secara keseluruhan motivasi belajar siswa kelas XI TKR A teknik kendaraan ringan SMK N 2 Klaten meningkat skor motivasi kelas dari 71,23 sebelum tindakan menjadi 79,74 setelah tindakan pada siklus II. Peningkatan hasil belajar nilai rata-rata kelas 6,6 pada siklus I menjadi 8,02 pada siklus II. Kata kunci: model pembelajaran Jigsaw, motivasi belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.