BUSINESS LOGIC PLAN PENGEMBANGAN PRODUKSI FORMULA GARUDA 16 DALAM AJANG KOMPETISI STUDENT FORMULA JAPAN TAHUN 2016

Bondan Prakoso, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penyusunan Business Logic Plan dan hasil dari Business Logic Plan yang meliputi ringkasan eksekutif dan presentasi bisnis dengan acuan regulasi Formula SAE 2016. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode observasi dalam pengumpulan data untuk memecahkan permasalahan. Subyek yang diteliti pada penelitian ini adalah penyusunan Business Logic Plan pengembangan produksi Formula Garuda 16 dalam ajang kompetisi Student Formula Japan. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan menggunakan tiga langkah, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada proses penyusunan Business Logic Plan (BLP) dilakukan dalam beberapa tahap, yaitu analisis pasar, analisis daya beli konsumen, analisis penghasilan konsumen, analisis volume pasar, dan analisis persaingan. Setelah melakukan analisis tersebut kemudian menyusun strategi perusahaan yang berisi strategi pemasaran, strategi keuangan, strategi kendaraan, strategi bahan baku dan strategi manufaktur. Setelah dilakukan perhitungan, investor dapat berinvestasi sebesar $ 1.000.000 untuk perusahaan Garuda UNY Racing Team, investor akan mendapatkan payback period dalam waktu 2 tahun dan ownership sebesar 35 % dengan nilai ROI (Return of Investment) 51 % sedangkan BEP (Break Even Point) akan dicapai dalam waktu 2 tahun. Setelah dipresentasikan dalam kegiatan Student Formula Japan 2016, Garuda UNY Racing Team mendapatkan skor 48,75 poin sehingga mendapatkan posisi 18 dari total 92 tim yang telah lolos seleksi dokumen dari 106 World FSAE Team yang terdaftar.
Kata kunci : Business Logic Plan, Formula SAE 2016, SFJ


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.