PERSEPSI SISWA KELAS XI TERHADAP PROFESIONALISME GURU KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Suswan Suswan, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan persepsi siswa kelas XI terhadap profesionalisme guru kompetensi keahlian teknik kendaraan ringan di SMK Muhammadiyah Prambanan ditinjau dari kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Responden penelitian adalah seluruh siswa kelas XI berjumlah 49 siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa profesionalisme guru (1) ditinjau dari kompetensi profesional “cukup” dengan 30,61% siswa menyatakan baik, 69,39% siswa menyatakan cukup dan tidak ada siswa yang menyatakan kurang,(2) ditinjau dari kompetensi pedagogik “cukup” dengan 16,33% siswa menyatakan baik, 63,26% siswa menyatakan cukup dan 20,41% siswa menyatakan kurang, (3) ditinjau dari kompetensi kepribadian “cukup” dengan 32,66% siswa menyatakan baik, 57,14% siswa menyatakan cukup dan 10,20% siswa menyatakan kurang, (4) ditinjau dari kompetensi sosial “cukup” dengan 38,78% siswa menyatakan baik, 57,14% siswa menyatakan cukup dan 4,08% siswa menyatakan kurang. Kata Kunci: persepsi, profesionalisme guru.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.