UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA DIKLAT PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada mata diklat pemeliharaan mesin kendaraan ringan kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan SMK Ma’arif 1 Wates. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah siswa kelas XI Teknologi Kendaraan Ringan sebanyak 28 siswa. Tempat penelitian dilakukan di SMK Ma’arif 1 Wates. Prosedur yang digunakan mengadopsi prosedur penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus. Terdapat 4 tahapan untuk tiap siklus, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Validasi kelayakan instrumen dilakukan dengan expert judgement. Pengambilan data prestasi belajar menggunakan tes dengan jumlah soal 20 butir. Data dari evaluasi diolah dengan mencari rata-rata, selanjutnya membandingkannya dengan indikator ketuntasan penelitian (75%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan prestasi belajar yang di peroleh pada siklus I presentase siswa yang mencapai KKM ada 32.14% atau sejumlah 9 siswa, pada siklus II presentase siswa mencapai KKM ada 67.86% atau sejumlah 19 siswa, sedangkan pada siklus III presentase siswa yang mencapai KKM ada 89.29% atau sejumlah 25 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus, karena tercapainya indikator ketuntasan penelitian terjadi pada siklus III.
Kata kunci: Jigsaw dan Prestasi Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.