PENGARUH MINAT MENJADI GURU DAN PRESTASI BELAJAR PPL TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU PADA MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF ANGKATAN 2011 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh: (1) minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru, (2) prestasi belajar PPL terhadap kesiapan menjadi guru, (3) minat menjadi guru dan prestasi belajar PPL terhadap kesiapan menjadi guru.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif dengan populasi seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta angkatan 2011 yang berjumlah 69 mahasiswa. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala semantic differential untuk seluruh variabel penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan minat menjadi guru terhadap kesiapan menjadi guru dengan sumbangan sebesar 58,224% ; (2) Terdapat pengaruh yang signifikan prestasi belajar PPL terhadap kesiapan menjadi guru dengan sumbangan sebesar 59,933% ; (3) Terdapat pengaruh yang signifikan minat menjadi guru dan prestasi belajar PPL secara bersama-sama terhadap kesiapan menjadi guru dengan sumbangan sebesar 78,385%.
Kata kunci : minat menjadi guru, prestasi belajar PPL, kesiapan menjadi guru.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.