PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PELAKSANAAN PROSES BELAJAR MENGAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Mukhammad Saaiq, Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) persepsi siswa tentang pelaksanaan proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar, (2) motivasi belajar terhadap prestasi belajar, dan (3) persepsi siswa tentang pelaksanaan proses belajar mengajar dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di kelas XI Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Kesatrian yang berjumlah 5 kelas dengan populasi sebanyak 191. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 128 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian ini adalah  sebagai berikut: (1) Ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang pelaksanaan proses belajar mengajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TKR dengan rx1y=0,490; r2x1y=0,240; thitung=6,302>ttabel=1,979 dan besarnya sumbangan 24%. (2) Ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TKR dengan rx2y=0,551; r2x2y=0,304; thitung=7,420>ttabel=1,979 dan besarnya sumbangan 30,4%. (3) Ada pengaruh yang signifikan persepsi siswa tentang pelaksanaan proses belajar mengajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI TKR dengan Ry(1,2)=0,542; R2y(1,2)=0,294; Fhitung=25,977>Ftabel=2,68 besarnya sumbangan 29,4%. Interpretasi hasil analisis menggunakan taraf signifikansi p=0,05

 

Kata kunci : Persepsi Siswa Tentang Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.