HAMBATAN-HAMBATAN PELAKSANAAN KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 1 SEYEGAN YOGYAKARTA

Ivan Prasetya, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan hambatan-hambatan pelaksanaan kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Seyegan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan mix method yaitu kombinasi penelitian kualitatif dan kuantitatif. Instrumen dari penelitian ini menggunakan pedoman angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala jurusan dan guru jurusan Teknik Kendaraan Ringan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)hambatan guru jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Seyegan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari perencanaan pembelajaran dengan skor 13,5 berada pada rentang 13,5 – 15,273 dengan kategori cukup banyak hambatan. Hambatan tertinggi ada pada indikator pendesainan pembelajaran yang berorientasi pada siswa. (2) hambatan guru jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Seyegan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari proses pelaksanaan pembelajaran dengan skor 13,00 berada pada rentang 13,00 – 15,366 dengan kategori cukup banyak hambatan. Hambatan tertinggi ada pada indikator mengajak siswa untuk aktif (3)hambatan guru jurusan Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 1 Seyegan dalam pelaksanaan kurikulum 2013 dilihat dari perencanaan proses pembelajaran dengan skor 13,43 berada pada rentang 13,43 – 15,8 dengan kategori cukup banyak hambatan. Hambatan tertinggi ada pada indikator penilaian secara lengkap, detail dan menyeluruh.

Kata Kunci : Kurikulum 2013, Hambatan Kurikulum 2013, Pelaksanaan Kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.