HUBUNGAN PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI TEKNIK PENGELASAN

Zaim Lathiif,

Abstract


Abstrak

          Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya hubungan penggunaan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama dengan prestasi belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Muhammadiyah 1 Bantul sebanyak 148 siswa. Teknik pemilihan sampel menggunakan rumus Formula Empiris oleh Isaac dan Michael dengan jumlah 106 siswa. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai sumber belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X kompetensi Teknik Pengelasan dengan koefisien korelasi r hitung lebih besar r tabel (0,297>0,195) dan nilai signifikansi 0,002<0,05. (2) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X kompetensi Teknik Pengelasan dengan koefisien korelasi r hitung lebih besar r tabel (0,262>0,195) dan nilai signifikansi 0,007<0,05. (3) Ada hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan internet sebagai sumber belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X kompetensi Teknik Pengelasan dengan koefisien korelasi ganda adalah R hitung lebih besar R tabel (0,343>0,195) dan nilai signifikansi 0,002<0,05.

 

Kata kunci  : Penggunaan Internet Sebagai Sumber Belajar, Kemandirian   Belajar dan Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.