ANALISIS FAKTOR KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN PADA MAPEL PSKO

Indra Rispriyanto,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar yang dialami siswa kelas XI Teknik Kedaraan Ringan (TKR) di SMK Muhammadiyah 1 Salam tahun ajaran 2014/2015 pada mata pelajaran  PSKO ditinjau dari faktor internal dan ekternal. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasinya seluruh siswa kelas XI TKR dengan jumlah 58 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (skala likert). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar ditinjau dari faktor internal adalah faktor kebiasaan belajar sebesar 15,48%, faktor minat sebesar 15,03%, faktor motivasi sebesar 14,80%, faktor bakat sebesar 14,01%, faktor kesehatan sebesar 13,78%, pemahaman terhadap tujuan belajar sebesar 13,25% dan faktor kemampuan kognitif sebesar 13,03%. Sedangkan dari faktor eksternal meliputi faktor lingkungan sosial sekolah sebesar 22,30%, faktor kondisi gedung sebesar 21,01%, faktor lingkungan masyarakat sebesar 19,29%, faktor lingkungan keluarga sebesar 18,70% dan faktor guru sebesar 18,33%.

 

Kata kunci: faktor, kesulitan belajar, PSKO


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.