PENGARUH MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN KENDARAAN RINGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SMK NASIONAL BERBAH.

Sigit Widyastanta,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1)  pengaruh penerapan menggunakan media video pembelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan terhadap prestasi belajar siswa di SMK Nasional Berbah dan Efektivitas media video pembelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan di SMK Nasional Berbah. Jenis penelitian adalah kuasi eksperimen “the pretest-posttest control group design”. Digunakan dua kelompok yang berbeda, kemudian diberi posttest untuk mengetahui kemampuan kedua kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Media video pembelajaran efektif meningkatkan prestasi belajar Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR) di SMK Nasional Berbah dengan melalui uji t-test. Dari hasil posttest kelompok kontrol memperoleh rerata 70,08% dan kelompok eksperimen memperoleh 77,36%, menunjukan bahwa kelompok eksperimen telah mencapai KKM 75. Perolehan t hitung yaitu 7,353 selanjutnya di bandingkan dengan t tabel yaitu dengan dk = n – 1, dk = 25 – 1, dk = 24. Dengan dk = 24 dan taraf kesalahan 5% maka t tabel dihasilkan 2,063. Dalam hal ini berlaku ketentuan bahwa “bila t hitung lebih besar dengan t tabel, maka Ha diterima”. Ternyata t hitung lebih besar dari t tabel (7,353 > 2,063) dengan demikian maka Ha diterima dan Ho ditolak artinya penggunaan media video pembelajaran lebih baik dibandingkan dengan media presentasi power point terhadap prestasi belajar.

 

Kata kunci: Pengaruh, Prestasi Belajar, Media Video

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.