PENGARUH KESIAPAN FASILITAS PRAKTIK DAN METODE MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK PADA MATA DIKLAT TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF (TDO) KELAS X KR JURUSAN TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh kesiapan fasilitas praktik terhadap prestasi belajar praktik; (2) Mengetahui pengaruh metode mengajar guru terhadap prestasi belajar praktik; (3) Mengetahui pengaruh kesiapan fasilitas praktik dan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar praktik. Penelitian ini termasuk penelitian expost facto. Variabel dalam penelitian ini adalah kesiapan fasilitas praktik (), metode mengajar guru () dan prestasi belajar praktik (Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Teknik Otomotif berjumlah 125 siswa, sampel pada penelitian ini adalah 95 siswa, penentuan sampel menggunakan tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%. Pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan fasilitas praktik terhadap prestasi belajar praktik (=0,304;α=0,05); (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara metode mengajar guru terhadap prestasi belajar praktik (=0,203; α=0,05); (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kesiapan fasilitas praktik dan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar praktik (=0,321; α=0,05). Sumbangan dari kesiapan fasilitas praktik dan metode mengajar guru terhadap prestasi belajar praktik sebesar 10,30%. Adapun persamaan garis regresinya: Y = 71,391 + 0,067+ 0,121.
Kata kunci : Kesiapan fasilitas praktik, metode mengajar guru, dan prestasi belajar praktik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.