IMPLEMENTASI KURIKULUM2013DALAM PROSES PEMBELAJARAN DISMKMUHAMMADIYAH 4 KLATEN TENGAH

Tri Martanto, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta
Martubi Martubi, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Muatan Peminatan Kejuruan Kelas XITeknik Kendaraan Ringan Otomotif di SMK Muhammadiyah 4 Klaten Tengah yang meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran.Subjek penelitian ini adalahguru dan peserta didik kelas XI teknik kendaraan ringan otomotifsejumlah 5 guru dan 49peserta didik. Pengumpulan data menggunakanangket. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi perencanaan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013sepenuhnya terlaksana. Namun guru mengalami hambatan dalam mempersiapkan sumber dan media pembelajaran; 2) implementasi kegiatan pembelajaran berbasis Kurikulum2013 sepenuhnya terlaksana. Namun guru mengalami hambatan, yaitu peserta didik masih pasif baik secara mandiri ataupun saat diskusi kelompok untuk memahami materi; 3) implementasi penilaian pembelajaran peserta didik sepenuhnya terlaksana.Namun guru mengalami hambatan, di mana rasa percaya diri dan motivasi belajar peserta didik masih rendah. Kata kunci : Implementasi, Kurikulum 2013, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Penilaian Pembelajaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.