PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN POWER TOOLS PADA MATA PELAJARAN PEKERJAAN DASAR TEKNIK OTOMOTIF (PDTO) DI JURUSAN TEKNIK SEPEDA MOTOR KELAS X SMK NEGERI 2 PENGASIH

Muharram Wihadian, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Sukaswanto Sukaswanto, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menguji tingkat kelayakan media pembelajaran Power Tools pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) di jurusan Teknik Sepeda Motor Kelas X SMK Negeri 2 Pengasih.Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan model penelitian pengembangan 4D, terdiri dari (1) tahapan pendefinisian, (2) tahapan perancangan, (3) tahapan pengembangan yaitu tahapan validasi ahli materi, ahli media, dan guru dan revisi.Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran Power Tools ini berupa folder yang berisi 22 file dengan ukuran memori data 344 MB (secara keseluruhan). Media ini dioperasikan dengan sistem operasi pada komputer minimal windows 2000 sampai yang terbaru windows 10, processor intel pentium 4 / AMD Athlon 64 processor. RAM 2 GB (3 GB recommended), resolution 1024x768 display (1280x800 recommended) dengan tampilan audio visual yang dilengkapi video pembelajaran yang menarik. Kemudian diperoleh penilaian tingkat kelayakan media pembelajaran dengan hasil sebagai berikut, (1) dari penilaian ahli materi didapatkan rerata skor4,5 (kategori sangat layak), (2) penilaian dari ahli media didapatkan rerata skor 4,2 (kategori layak), (3) penilaian dari guru didapatkan rerata skor 4,4 (kategori sangat layak), (4) hasil uji coba lapangan terbatas didapatkan rerata skor 3,39 (kategori cukup layak), (5) hasil uji coba lapangan lebih luas didapatkan rerata skor 4,05 (kategori layak). Berdasarkan hasil tersebut media pembelajaran Power Tools ini layak untuk digunakan dalam pembelajaran di SMK Negeri 2 Pengasih. Kata kunci: Pengembangan, media pembelajaran, tingkat kelayakan media pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.