IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW GUNA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDI SISTEM KOPLING SISWA

Ganjar Isnu Hardika, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Tawardjono Us, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar sistem kopling dan meningkatkan percaya diri siswa kelas XI TSM A di SMK Muhammadiyah 1 Salam Magelang Jawa Tengah melalui implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar siswa kelas XI TSM A SMK Muhammadiyah 1 Salam Magelang dalam bidang studi Sistem Kopling melalui penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw mengalami peningkatan di setiap siklusnya.Peningkatan persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II sebesar 61,1% dan mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 0,7. Peningkatan ini sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan yaitu jumlah siswa yang memenuhi KKM sudah di atas 85%.2) Penerapan pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan percaya diri siswa. Berdasarkan skor keseluruhan meningkat pada pratindakan dengan kategori sedang sebesar 52,8%. Siklus I meningkat menjadi kategori tinggi sebesar 50% dan siklus II dalam kategori tinggi sebesar 61,1%.
Kata kunci: model pembelajaran kooperatif jigsaw, hasil belajar, sistem kopling


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.