PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMK NEGERI 2 PENGASIH

Enggar Dista Pratama, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan penguatan pendidikan karakter (PPK) di SMK Negeri 2 Pengasih. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pelaksanaan penguatan pendidikan karakter di SMK Negeri 2 Pengasih tergolong sangat baik dengan tingkat keterlaksanaan program mencapai 82.47% yang terdiri dari (1) perencanaan program penguatan pendidikan karakter dengan tingkat keterlaksanaan mencapai 82.25% yang didapatkan dari indikator adanya tim pengembang PPK, proses penyusunan program PPK, pembiayaan program PPK, penjadwalan program PPK, dan indikator keberhasilan serta daya dukung (2) pelaksanaan program PPK di SMK Negeri 2 Pengasih dengan tingkat keterlaksanaan mencapai 84.30% yang didapatkan dari indikator adanya pedoman pelaksanaan program PPK dan strategi pelaksanaan program PPK (3) evaluasi program penguatan pendidikan karakter di SMK Negeri 2 Pengasih dengan tingkat keterlaksanaan mencapai 80.48% yang didapatkan dari indikator adanya tim evaluasi program PPK, proses evaluasi, dan tindak lanjut. Kata Kunci: Pelaksanaan, Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, PPK

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.