MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA
Herminanto Sofyan, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Pemeliharaan Chassis dan Pemindah Tenaga di SMK N 2 Yogyakarta dengan implementasi model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI TKR 2 semester genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan setiap siklusnya. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Teknikanalisis data dengan teknik deskriptif kuantitatif.Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu keaktifan belajar siswa dikatakan berhasil apabila diperoleh rata-rata persentase 75% dan untuk hasil belajar siswa minimal 75% dari jumlah siswa telah memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal sebesar 76. Hasil penelitian dapat dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I sebesar 61,55% meningkat menjadi 76,90% pada siklus II. Hasil belajar siswa terlihat dari nilai rata-rata kelas pada siklus I sebesar 77,6 dengan persentase ketuntasan 60% dan meningkat pada siklus II rata-rata kelas menjadi 81,1 dengan persentase ketuntasan 83%.
Kata Kunci : Problem Based Learning, keaktifan, hasil belajar, PCPT
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.