PENGARUH PENGGUNAAN JOBSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR PDTO SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
Sudiyanto Sudiyanto, Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) di jurusan TKR (Teknik Kendaraan Ringan) SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman, 2) Mengetahui pengaruh jobsheet untuk mata pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (PDTO) terhadap hasil belajar belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman.Metodologi penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X teknik kendaraan ringan sebanyak 39 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan independent sample t-test yang telah dilakukan, diperoleh hasil thitung sebesar 10,407 dan ttabel 1,687. Karena thitung>ttabel maka terdapat perbedaan hasil belajar praktik antara siswa yang menggunakan jobsheet dan tidak menggunakan jobsheet. Dari uji statistik dengan independent sample t-test yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan jobsheet (kelompok eksperimen) dibandingkan dengan yang tidak menggunakan jobsheet (kelompok kontrol) di SMK Muhammadiyah 2 Tempel, Sleman pada mata pelajaran Pendidikan Dasar Teknik Otomotif. Dengan rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,5 dan rata-rata kelas kontrol 64,5. Kata kunci: pengaruh, jobsheet, hasil belajar, praktik dasar teknik otomotif
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.