PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN TEKNIK DASAR OTOMOTIF
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran teknik dasar otomotif (TDO) jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Ma’arif Salam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR E SMK Ma’arif Salam tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 33 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pelaksanaan tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran teknik dasar otomotif (TDO) jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Ma’arif Salam. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus. Pada tahap pra tindakan, presentase ketuntasan sebesar 12,12% dengan rata-rata nilai sebesar 45,45. Pada siklus I, presentase ketuntasan meningkat menjadi 63,64% dengan rata-rata nilai sebesar 70,91. Pada siklus II, presentase ketuntasan meningkat kembali menjadi 81,18% dengan rata-rata nilai sebesar 76,51.
Kata kunci: model pembelajaran kooperartif tipe TGT, penelitian tindakan kelas, hasil belajar
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran teknik dasar otomotif (TDO) jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Ma’arif Salam melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR E SMK Ma’arif Salam tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 33 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui pelaksanaan tes hasil belajar dan dokumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran teknik dasar otomotif (TDO) jurusan teknik kendaraan ringan di SMK Ma’arif Salam. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari setiap siklus. Pada tahap pra tindakan, presentase ketuntasan sebesar 12,12% dengan rata-rata nilai sebesar 45,45. Pada siklus I, presentase ketuntasan meningkat menjadi 63,64% dengan rata-rata nilai sebesar 70,91. Pada siklus II, presentase ketuntasan meningkat kembali menjadi 81,18% dengan rata-rata nilai sebesar 76,51.
Kata kunci: model pembelajaran kooperartif tipe TGT, penelitian tindakan kelas, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.